Tjondro, Elisa and Sany, and Hatane, Saarce Elsye (2024) PEMBELAJARAN KREATIF DAN KONSEP MENABUNG UNTUK MENGHASILKAN PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL DI PANTI ASUHAN SOLA GRATIA SIDOARJO. [UNSPECIFIED]
![]() | PDF Download (335Kb) |
![]() | PDF Download (2275Kb) |
Abstract
Tujuan literasi keuangan tentang konsep menabung diberikan kepada anakanak dan remaja di panti asuhan Sola Gratia adalah untuk mengajarkan mereka pentingnya memahami cara menabung uang yang dihasilkan dari penjualan karya kreatif mereka. Sangat penting bagi anak-anak dan remaja untuk mengontrol perilaku konsumtif ini sejak usia dini, sehingga mereka belajar menabung untuk membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan. Anak-anak dan remaja di panti asuhan perlu memiliki rasa percaya diri, tekad yang kuat, dan kemandirian bahwa mereka dapat berkontribusi pada komunitas setempat. Program pengabdian literasi keuangan dan pengajaran karya kreatif bagi anak-anak dan remaja ini merupakan yang pertama dilakukan di panti asuhan Sola Gratia. Program ini melibatkan kolaborasi antara tim dosen dan mahasiswa yang memberikan edukasi mengenai literasi keuangan dan keterampilan kerajinan tangan selama empat bulan. Melalui metode fun learning, anak-anak diperkenalkan pada konsep menabung, perhitungan dasar, serta praktik jual beli. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk pemberdayaan anak-anak, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi dosen dan mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat efektif dan direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala dengan beberapa perbaikan untuk hasil yang lebih optimal.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengabdian masyarakat; Menabung; Literasi keuangan; Pembelajaran kreatif |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance L Education |
Divisions: | Faculty of Economic > Accounting Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 23:07 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 19:23 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21464 |
Actions (login required)
View Item |