Sandjaja, Edwin and Panjaitan, Togar Wiliater Soaloon and Nasution, Henry (2025) ENHANCING SPARE PARTS SALES BY IMPROVED CUSTOMER SERVICE LEVELS MEASURED BY OTIF (ON-TIME IN-FULL) THROUGH NEW SUPPORT POINTS AND SUPPLY CHAIN DISTRIBUTION DESIGN: A CASE STUDY AT PT XYZ MEDAN BRANCH. [UNSPECIFIED]
![]() | PDF Download (1008Kb) |
![]() | PDF Download (1041Kb) |
Abstract
Ditemukan bahwa tidak ada titik dukungan di wilayah Martabe PT XYZ, yang menyebabkan masalah pada tingkat layanan pelanggan yang diukur dengan OTIF (On-Time In-Full). Situasi ini dapat menunda pengiriman karena jarak yang jauh (367 km atau 12 jam dengan transportasi darat) antara Medan dan Martabe. Rendahnya tingkat OTIF sesuai dengan terbatasnya ketersediaan suku cadang di PT XYZ. Kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan dengan stoknya adalah ketersediaan suku cadang. Akibatnya, pelanggan membeli dari pesaing dengan suku cadang yang siap di tempat. Studi ini telah merancang titik dukungan baru berdasarkan perkiraan permintaan yang akurat dan penilaian kelayakan proyek berdasarkan Internal Rate of Return (IRR). Hasilnya, titik dukungan baru menjamin ketersediaan suku cadang untuk membuat barang In-Full dan mengurangi waktu tunggu pengiriman untuk membuat barang On-Time. Setelah membangun titik dukungan baru di wilayah Martabe, penjualan meningkat sebesar 74% dan berkontribusi pada pertumbuhan penjualan sebesar 44% di wilayah Medan
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Additional Information: | - |
Uncontrolled Keywords: | Penjualan, Tingkat Layanan Pelanggan, On-Time In-Full (OTIF) Rates, Ketersediaan Suku Cadang, Waktu Pengiriman, Titik Dukungan Baru |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 20 Apr 2025 02:48 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:35 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21532 |
Actions (login required)
View Item |