Logo

ENHANCING SPARE PARTS SALES BY IMPROVED CUSTOMER SERVICE LEVELS MEASURED BY OTIF (ON-TIME IN-FULL) THROUGH NEW SUPPORT POINTS AND SUPPLY CHAIN DISTRIBUTION DESIGN: A CASE STUDY AT PT XYZ MEDAN BRANCH

Sandjaja, Edwin and Panjaitan, Togar Wiliater Soaloon and Nasution, Henry (2025) ENHANCING SPARE PARTS SALES BY IMPROVED CUSTOMER SERVICE LEVELS MEASURED BY OTIF (ON-TIME IN-FULL) THROUGH NEW SUPPORT POINTS AND SUPPLY CHAIN DISTRIBUTION DESIGN: A CASE STUDY AT PT XYZ MEDAN BRANCH. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (1008Kb)
    [img] PDF
    Download (1041Kb)

      Abstract

      Ditemukan bahwa tidak ada titik dukungan di wilayah Martabe PT XYZ, yang menyebabkan masalah pada tingkat layanan pelanggan yang diukur dengan OTIF (On-Time In-Full). Situasi ini dapat menunda pengiriman karena jarak yang jauh (367 km atau 12 jam dengan transportasi darat) antara Medan dan Martabe. Rendahnya tingkat OTIF sesuai dengan terbatasnya ketersediaan suku cadang di PT XYZ. Kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan dengan stoknya adalah ketersediaan suku cadang. Akibatnya, pelanggan membeli dari pesaing dengan suku cadang yang siap di tempat. Studi ini telah merancang titik dukungan baru berdasarkan perkiraan permintaan yang akurat dan penilaian kelayakan proyek berdasarkan Internal Rate of Return (IRR). Hasilnya, titik dukungan baru menjamin ketersediaan suku cadang untuk membuat barang In-Full dan mengurangi waktu tunggu pengiriman untuk membuat barang On-Time. Setelah membangun titik dukungan baru di wilayah Martabe, penjualan meningkat sebesar 74% dan berkontribusi pada pertumbuhan penjualan sebesar 44% di wilayah Medan

      Item Type: UNSPECIFIED
      Additional Information: -
      Uncontrolled Keywords: Penjualan, Tingkat Layanan Pelanggan, On-Time In-Full (OTIF) Rates, Ketersediaan Suku Cadang, Waktu Pengiriman, Titik Dukungan Baru
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 20 Apr 2025 02:48
      Last Modified: 29 Apr 2025 02:35
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21532

      Actions (login required)

      View Item