Anastasia, Njo and Amelia, (2025) Mewujudkan Green School: Generasi Hijau Sebagai Agen Perubahan Lingkungan Melalui Kegiatan Daur Ulang Sampah. [UNSPECIFIED]
![]() | PDF Download (592Kb) |
![]() | PDF Download (3493Kb) |
Abstract
Kesadaran dalam menjaga kebersihan dan peduli terhadap lingkungan di kalangan pelajar masih perlu ditingkatkan. Kegiatan abdimas ini bertujuan memberikan edukasi secara aktif tentang upaya peduli lingkungan melalui kegiatan memilah sampah sebagai bagian dari program Green School. Metode yang digunakan adalah partisipatif untuk membangun tanggung jawab dan kepedulian lingkungan adapun mitra kegiatan adalah siswa SMP Negeri 1 Mojoagung. Evalusi kegiatan diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan pada para siswa untuk mengukur pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa terkait pengelolaan sampah. Hasil evaluasi menunjukkan mayoritas siswa memiliki pengetahuan yang baik tentang pentingnya memilah sampah dan dampaknya terhadap lingkungan. Selain itu, sebagian besar siswa menunjukkan sikap positif dan bersedia terlibat dalam kegiatan pengolahan sampah di sekolah. Kegiatan abdimas ini menunjukkan bahwa siswa tidak hanya menyadari pentingnya pengelolaan sampah, tetapi juga bersedia berkontribusi aktif dalam mendukung program Green School. Dengan demikian, upaya pendidikan di lingkungan sekolah dapat meningkatkan kesadaran dan keterlibatan siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pihak sekolah dalam memperkuat program Green School dan memfasilitasi partisipasi siswa.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Green school, Peduli lingkungan, Daur ulang, Sampah |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Graduate Program > Economic Management |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 06:54 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:43 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21546 |
Actions (login required)
View Item |