Logo

Pengaruh Konsep Terapeutik Arsitektur dalam Menurunkan Sindroma Burnout (Studi Kasus: Rumah Sakit Pendidikan)

, ADITYA CHRISTANTO and Laurens, Joyce Marcella and Hariyanto, Agus Dwi (2024) Pengaruh Konsep Terapeutik Arsitektur dalam Menurunkan Sindroma Burnout (Studi Kasus: Rumah Sakit Pendidikan). Advances in Civil Engineering and Sustainable Architecture , 6 (2). pp. 59-69. ISSN 2716-08090

[img] PDF
Download (352Kb)
    [img] PDF
    Download (2508Kb)

      Abstract

      Peserta pendidikan kedokteran menjalankan tugasnya di Rumah Sakit Pendidikan memerlukan usaha dan kerja keras hingga menyebabkan permasalahan kesehatan. Sindroma burnout merupakan kondisi yang menggambarkan respon terhadap stres yang berhubungan dengan pekerjaan yang berlangsung relatif lama. Pentingnya kesehatan mental dan keberlanjutan peserta pendidikan kedokteran manjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian berkaitan dengan kebutuhan ruang istirahat dokter. Pendekatan teori Terapeutik Arsitektur diharapkan dapat membantu peserta pendidikan kedokteran dalam menghadapi sindroma burnout. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi bagaimana peserta pendidikan kedokteran meredakan burnout melalui restorasi perhatian berdasarkan aktivitas. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan metode kualitatif, mengelola data menggunakan konten analisis, menyunting dan mengkodekan selanjutnya menggunakan perangkat lunak statistik JMP (Statistical Software). Dari hasil penelitan menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh dalam upaya mengatasi burnout ialah “soft fascination” yang berhubungan dengan relaksasi dan rekreasi, yang mendukung konsep Therapeutic Architecture.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit Pendidikan, Sindroma Burnout, Terapeutik Arsitektur
      Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 17 Jan 2025 03:26
      Last Modified: 22 May 2025 21:53
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21581

      Actions (login required)

      View Item