Logo

SCAM VULNERABILITY IN STUDENTS: THE IMPORTANCE OF FAMILY SOCIALISATION AND PERSONAL ACCOUNTING

Tjondro, Elisa and THEODORUS, VANESSA and BENEDICTA, AUDREY AZALIA (2025) SCAM VULNERABILITY IN STUDENTS: THE IMPORTANCE OF FAMILY SOCIALISATION AND PERSONAL ACCOUNTING. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (1354Kb)
    [img] PDF
    Download (2970Kb)

      Abstract

      Abstrak - Kemudahan terhadap Penipuan di Kalangan Mahasiswa: Pentingnya Sosialisasi Keluarga dan Akuntansi Personal Tujuan Utama - Penelitian ini menyelidiki bagaimana sosialisasi keluar� ga mempengaruhi kerentanan individu terhadap penipuan melalui ke� sejahteraan finansial. Metode � Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Squares. Sampel penelitian ini adalah 421 mahasiswa universitas di Indonesia dengan rentang usia 18�24 tahun. Temuan Utama � Penelitian ini menemukan bahwa sosialisasi keluar� ga meningkatkan kesejahteraan finansial anak-anak. Sosialisasi ini juga membantu mereka memahami serta merencanakan keuangan dengan efektif sehingga mengurangi kerentanan terhadap penipuan. Pada sisi lainnya, sosialisasi ini terbukti berpengaruh terhadap peningkatan ke� rentanan terhadap penipuan melalui kesejahteraan finansial sebagai mediator. Implikasi Teori dan Praktis � Penelitian ini menunjukkan relevansi teo� ri sosialisasi keuangan keluarga dalam dang akuntansi personal. Selain itu, penelitian ini menegaskan bahwa sosialisasi keluarga membentuk dasar perencanaan keuangan masa depan mahasiswa dan meminimal� kan kerentanan terhadap penipuan. Kebaruan Penelitian - Penelitian ini pertama kali mengeksplorasi pe� ngaruh antara sosialisasi keluarga, kesejahteraan finansial, dan keren� tanan terhadap penipuan dalam bidang akuntansi personal.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: family socialisation; financial well-being; investment scam; scam vulnerability
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economic > Accounting Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 28 Jul 2025 04:26
      Last Modified: 04 Aug 2025 15:51
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21726

      Actions (login required)

      View Item