Logo

Pengaruh Atribut Sosial Budaya Terhadap Vivid Memory dan Niat Berperilaku Wisatawan Mancanegara di Kota Yogyakarta dan Surabaya

PUTRA, CALVIN GWIANTARA and HODODJOYO, RIVALDI FERNANDO and Wijaya, Serli and Jokom, Regina (2025) Pengaruh Atribut Sosial Budaya Terhadap Vivid Memory dan Niat Berperilaku Wisatawan Mancanegara di Kota Yogyakarta dan Surabaya. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (576Kb)
    [img] PDF
    Download (4Mb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pengalaman sustainable tourism khususnya pada aspek sosial budaya terhadap vivid memory yang nantinya akan memengaruhi niat berperilaku dari para wisatawan mancanegara yang sedang dan telah berwisata ke Yogyakarta dan Surabaya. Penelitian ini menganalisa data dari 262 responden yang valid, yang merupakan wisatawan mancanegara yang sedang maupun pernah berkunjung ke Yogyakarta dan Surabaya, menggunakan teknik analisa data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel sosial budaya terkait pariwisata berkelanjutan terhadap niat berperilaku, dengan Vivid memory sebagai mediator. Implikasinya, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan dan strategi yang lebih efektif untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Additional Information: Maaf salah memasukkan nama penulis mahasiswa. Sudah direvisi.
      Uncontrolled Keywords: sosial budaya, pariwisata berkelanjutan, vivid memory, niat berperilaku, wisatawan mancanegara, Yogyakarta, Surabaya.
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Graduate Program > Economic Management
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 09 Nov 2025 14:40
      Last Modified: 20 Nov 2025 00:42
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21906

      Actions (login required)

      View Item