Logo

Membangun Kesadaran Finansial: Integrasi Literasi Fintech dan Pengendalian Perilaku Konsumtif

SOEGIANTO, CHIEVO TIMOTHY and KUSUMA, CELVIN JANUAR and WIJAYA, NICHOLAS ALOYSIUS FERDINAND and Anastasia, Njo (2025) Membangun Kesadaran Finansial: Integrasi Literasi Fintech dan Pengendalian Perilaku Konsumtif. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (494Kb)
    [img] PDF
    Download (2570Kb)

      Abstract

      Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan pada masyarakat dalam mengakses dan menggunakan layanan keuangan. Kemudahan bertransaksi serta pengelolaan keuangan dapat dilakukan melalui perangkat digital yaitu financial technology (fintech). Di sisi lain, juga membawa tantangan tersendiri yaitu perilaku konsumtif khususnya kalangan remaja. Kegiatan service learning ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan melalui edukasi terkait perilaku konsumtif pada siswa SMA Mawar Sharon. Metode pelaksanaan berupa kegiatan penyuluhan dan diskusi interaktif yang melibatkan siswa secara aktif, dengan materi meliputi pemahaman dasar tentang fintech, jenis-jenis layanan keuangan digital (seperti e-wallet, paylater, dan investasi online), serta strategi dalam mengatur pengeluaran agar tidak terjadi pemborosan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya pengelolaan keuangan pribadi dan potensi risiko dari penggunaan fintech yang tidak bijak. Edukasi ini diharapkan dapat membentuk kesadaran finansial sejak dini pada siswa SMA serta mendorong perilaku yang bijaksana dalam keuangan agar menjadi generasi muda yang cerdas dan berwawasan luas dalam pengambilan keputusan finansial di era digital.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: financial technology; literasi keuangan; perilaku konsumtif; teknologi digital
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Graduate Program > Economic Management
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 30 Oct 2025 07:06
      Last Modified: 20 Nov 2025 00:38
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21912

      Actions (login required)

      View Item