Logo

Analisa tingkat penjualan AMDK merk Club dan optimalisasi kinerja salesman PT Tirta Bahagia

Hermawan, Irvan and Koeswanto, Erwin (2009) Analisa tingkat penjualan AMDK merk Club dan optimalisasi kinerja salesman PT Tirta Bahagia. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT Tirta Bahagia adalah salah satu produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang menempati peringkat kedua nasional sebagai produsen AMDK. Kegiatan penjualan yang dilakukan oleh PT Tirta Bahagia dilakukan dengan menggunakan salesman kanvas dan salesman taking order (TO). Kinerja salesman kanvas ternyata masih belum dapat memenuhi target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan, hal ini dikarenakan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi salesman. Penulis melakukan penelitian deskriptif melalui metode judgmental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 5 orang. Di mana kelima orang tersebut merupakan salesman dari PT Tirta Bahagia. Analisa yang digunakan adalah tabulasi silang dan tabel frekuensi. Dari penelitian ini penulis menemukan bahwa salesman kanvas yang tidak mampu mencapai target penjualan dikarenakan memiliki ketidakpuasan terhadap kebijakan perusahaan mengenai pemberian kompensasi dan pembagian teritori penjualan yang dirasa kurang adil. Selain itu penyebab lain adalah alokasi waktu yang digunakan oleh salesman kanvas masih belum efektif dan optimal dalam mencari pelanggan baru, karena waktu salesman kanvas banyak terbuang di perjalanan, sehingga waktu untuk bertatap muka dengan pelanggan menjadi lebih sedikit dan tidak dapat mencapai target penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: sales volume, sales performance, internal factors, external factors
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 16:59
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/2538

Actions (login required)

View Item