Logo

Analisis teks visual branding cover majalah Businessweek dan Swa

F, Rissa Revina Renada (2009) Analisis teks visual branding cover majalah Businessweek dan Swa. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik branding erat kaitannya dengan dunia bisnis, yaitu yang memeli-hara brand sejak lahirnya, tumbuh, dan berkembang hingga menjadi dewasa, yang turut membawa keuntungan bagi pelaku bisnis. Karena itu, majalah bisnis adalah media yang paling banyak mengulas mengenai brand. Majalah BusinessWeek dan SWA adalah dua brand majalah bisnis yang populer di Indonesia, dengan lingkup target market yang mirip, yang tentunya juga perlu melakukan praktek branding untuk memperluas pasar masing-masing. Visual branding dalam cover majalah berperan untuk menyampaikan pesan dan image tentang brand ke audiens. Karena cover majalah menjadi titik interaksi pertama kali dengan audiens maka perlu mendapat perhatian khusus agar memiliki karakteristik brand yang baik. Penelitian ini menggunakan analisis teks untuk melihat isi teks cover, menemukan karakteristik visual branding, dan melihat dinamika perubahan pada cover majalah BusinessWeek dan SWA selama tahun 2008 hingga awal tahun 2009. Yang menjadi indikator penelitian adalah karakteristik brand yang baik yaitu jelas / spesifik, konsisten, berbeda, unik, dan impressive sehingga dapat menghasilkan identitas yang dikenal dan disukai oleh audiens. Hasil penelitian menunjukkan adanya konsistensi pada visualisasi cover berdasarkan strategi branding masing-masing brand tersebut. Dinamika perubahan brand majalah BusinessWeek lebih lambat dari SWA, namun keduanya sama-sama berupaya membentuk brand yang "menzaman". Untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan analisis yang lebih mendalam pada visualisasi cover dalam kaitannya dengan peristiwa yang sedang terjadi pada saat penerbitan majalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: text analysis, visual branding, cover, magazine, businessWeek, swa
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 13 Apr 2011 14:13
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item