Logo

Pengaruh jumlah lubang ventilasi untuk rem cakram pada pengujian stasioner

Hermawan, Ervin Edi (2009) Pengaruh jumlah lubang ventilasi untuk rem cakram pada pengujian stasioner. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Elemen yang perlu didalam setiap kendaraan adalah rem. Sistem pengereman mempunyai prinsip kerja dengan metode gesek artinya menggesekkan lining kampas dengan tromol atau dengan pad (disc brake). Sistem rem harus mampu mengatasi kondisi kendaraan yang sedang melaju dan menikung sampai menghentikan kendaraan secara aman, serta harus mampu mengatasi kecepatan dan akselarasi tinggi perlu diimbangi. Dalam hal ini penulis menggunakan pengujian jumlah lubang ventilasi lingkaran yang berbeda pada roda dua yang diuji pada kecepatan ( V ) yang berbeda : ( 20, 40, 60, 80 ) km / jam. Dengan variasi tekanan pedal rem ( W ) yang berbeda : 4 kg, 5 kg dan 6 kg. Hasil pengujian ditampilkan hubungan antara kecepatan dan tekanan rem antara jumlah lubang ventilasi lingkaran berbeda: (24, 32, dan 40 buah lubang) terhadap waktu pengereman, dan kecepatan serta jarak antara jumlah lubang ventilasi lingkaran berbeda: (24, 32, dan 40 buah lubang). Waktu dan selisih waktu pengereman antara jumlah lubang ventilasi lingkaran berbeda : (24, 32, dan 40 buah lubang). Presentase simpangan waktu antara jumlah lubang ventilasi lingkaran berbeda: (24, 32, dan 40 buah lubang). Kemudian dilakukan uji statistik variabel dan analisa uji Significansi menggunakan software minitab Kesimpulan menunjukkan bahwa kecepatan tinggi terlihat perbedaan waktu berhenti. Dan menunjukkan jumlah lubang ventilasi lingkaran memberikan peforma yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: disk brake, ventilation holes, circle
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 21:32
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item