Logo

Taman kanak-kanak dan sekolah dasar berwawasan lingkungan di Surabaya

P, Stephanie Starlet (2010) Taman kanak-kanak dan sekolah dasar berwawasan lingkungan di Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Berwawasan Lingkungan di Surabaya merupakan lembaga pendidikan formal yang menerapkan wawasan lingkungan dalam proses pendidikan dan perancangan lingkungan sekolah sesuai dengan karakteristik anak. Kurikulum pendidikan yang digunakan adalah kurikulum pendidikan nasional yang berbasis lingkungan dan metode pembelajarannya adalah metode cooperative learning dan experience-based learning. Program kegiatan sekolah ada 2 jenis, yakni kegiatan indoor dan kegiatan outdoor untuk menunjang pengenalan alam kepada anak. Fasilitas yang direncanakan meliputi fasilitas pembelajaran serta fasilitas penunjang bakat dan minat. Fasilitas pembelajaran meliputi kelas indoor, kelas outdoor, mini zoo, rumah pohon, laboratorium IPA dan perpustakaan dengan area baca outdoor. Fasilitas penunjang bakat dan minat meliputi ruang tari, musik, komputer, bengkel daur ulang dan amphitheater terbuka. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perilaku anak dalam belajar dan berinteraksi dengan alam. Konsep perancangan adalah belajar dan bermain dengan alam, untuk memenuhi tujuan sekolah menanamkan sikap cinta alam (biophilia) dan tanggung jawab pada kelestarian lingkungan. Penerapan konsep tampak dalam disain ruang kelas, bentuk massa, dan penataan massa. Pendalaman perancangan yang dipilih adalah karakter ruang, baik indoor maupun outdoor yang diharapkan dapat menunjang proses pendidikan berwawasan lingkungan pada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: education, environmental knowledge, children behavior
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 16:55
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/5631

Actions (login required)

View Item