Octavia, Linda (2010) Sekolah alam di Trawas, Mojokerto. Bachelor thesis, Petra Christian University.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah alam di Trawas, Mojokerto merupakan sebuah tempat belajar alternatif yang memanfaatkan alam sebagai kurikulum utamanya, yang diterapkan didalam kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan standar Departemen Pendidikan Nasional, sedangkan metode pembelajarannya menggunakan metode cooperative learning dan experience-based learning. Program kegiatan di sekolah alam ini ada 2 jenis, yaitu kegiatan belajar reguler dan kegiatan belajar non-reguler yang keduanya mengacu kepada alam sebagai sumber pembelajarannya. Hal utama yang ingin dicapai dari sekolah alam ini adalah bagaimana membuat setting sekolah yang proses pembelajarannya didukung oleh sarana dan prasarana yang sudah tersedia pada alam. Untuk itu, konsep perancangan yang digunakan adalah ?fun in nature?,yang menggambarkan suasana yang menyenangkan untuk belajar dan bermain di alam. Pendekatan yang digunakan pada proyek Sekolah Alam di Trawas ini adalah pendekatan Arsitektur Vernakular, guna membantu memecahkan permasalahan yang ada, yaitu bagaimana menciptakan tempat belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan cenderung ingin bebas bermain-main di alam terbuka.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | education, environmental school, environment, and vernacular architecture |
Subjects: | UNSPECIFIED |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 23 Mar 2011 18:48 |
Last Modified: | 30 Mar 2011 14:24 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/6089 |
Actions (login required)
View Item |