Logo

Keberpihakan media cetak dalam pemberitaan kenaikan harga bahan bakar minyak

Permatasari, Widuri (2005) Keberpihakan media cetak dalam pemberitaan kenaikan harga bahan bakar minyak. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kasus kenaikkan bahan bakar minyak (BBM) merupakan peristiwa nasional yang terjadi di Indonesia pada bulan Maret 2005. Kasus ini menimbulkan pro-kontra dalam masyarakat maupun jajaran eksekutif dan legislatif. Pro-kontra tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini. Jelasnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberpihakan media cetak Jawa Pos dan Kompas terhadap issue nasional - kenaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada bulan Maret 2005. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan analisis isi kuantitatif. Dari hasil analisis tersebut, diperoleh gambaran yang jelas mengenai permasalahan dalam penelitian. Keberpihakan media dalam kasus ini dilihat dari pemberitaan (berupa berita langsung/stright news) media tersebut. Keberpihakan tersebut diukur berdasarkan indikator impartiality, dan dominasi narasumber utama. Sehingga pada akhirnya didapatkan gambaran-gambaran sikap berpihak media dalam kasus kenaikan harga BBM ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: the increase of gasoline price issue, the media partiality, straight news, impartiality indicator and main source domination
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 13:09
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/6664

Actions (login required)

View Item