Logo

Perbandingan rancangan parkir ditinjau dari kemudahan melakukan manuver: studi kasus di UK Petra

Sutioso, Myrna Racelly and Pertiwi, Ambar Wahyu (2003) Perbandingan rancangan parkir ditinjau dari kemudahan melakukan manuver: studi kasus di UK Petra. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa UK Petra bertambah setiap tahunnya, sedangkan kapasitas lahan parkir mobil cenderung tetap, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan ketersediaan lahan. Jika kebutuhan lahan dipenuhi dengan mempersempit petak menimbulkan ketidakpuasan bagi pihak pengguna. Penelitian bertujuan mengusulkan standar petak parkir optimum. Survey yang dilakukan berupa pengamatan lama manuver parkir dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Dari survey lama manuver didapatkan waktu yang dibutuhkan melakukan manuver. Dari kuesioner diketahui tingkat kepuasan terhadap petak parkir. Digunakan analisa chi-square untuk mendapatkan faktor yang saling berpengaruh antara karakteristik mobil, pengemudi dan petak. Untuk menentukan desain petak parkir optimum digunakan analisa ANOVA (General Linear Model). Berdasarkan hasil analisa disimpulkan bahwa dari segi karakteristik petak, faktor yang sangat mempengaruhi lama manuver untuk sudut 45? adalah lebar petak dan untuk sudut 90? adalah lebar aisle. Desain petak parkir optimum untuk sudut 45? dipilih lebar petak 3.6 m dengan aisle 3.2 m sedangkan untuk 90? dipilih lebar petak 2.2 m dengan aisle 5.4 m.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: parking maneuver, parking space design
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 13 Apr 2011 15:08
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/8111

Actions (login required)

View Item