Logo

Perbandingan penggunaan stabilisator argo jati method dan kapur bubuk hidup pada tanah expansif

Go, Enrico and Tannaya, Allan Janwar (2004) Perbandingan penggunaan stabilisator argo jati method dan kapur bubuk hidup pada tanah expansif. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Serangkaian percobaan Unconfined Compression Test dan California Bearing Ratio Test dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh campuran kapur bubuk hidup atau Argo Jati Method (AJM) pada tanah expansif. Campuran tanah expansif dan kapur dipersiapkan dengan kandungan kapur 5% dan 7% dari berat tanah kering, karena dari percobaan yang telah dilakukan sebelumnya kandungan kapur 7% adalah campuran yang paling efektif. Benda uji dicuring selama 3, 7, dan 14 hari. Argo Jati yang digunakan adalah jenis AP-type, dengan kandungan 5% dan 7% dari berat tanah kering. Dari hasil percobaan dapat diketahui bahwa penambahan kapur atau Argo Jati dapat meningkatkan nilai qu, dan nilai CBR. Dari hasil percobaan ini didapatkan bahwa campuran Argo Jati 7% efektif dalam meningkatkan nilai qu yaitu meningkat sebesar 112%, dan CBR Unsoaked yaitu menigkat 281% untuk kedalaman 0.1", dan 261% untuk 0.2", sedangkan untuk tes CBR kondisi soaked campuran kapur 5% paling efektif yaitu meningkat 498% untuk kedalaman 0.1" dan 520%. Dalam percobaan free swelling dan swelling pressure dengan menambahkan kapur atau Argo Jati dapat mengurangi besarnya pengembangan pada tanah expansif. Dari hasil percobaan didapat bahwa campuran yang paling efektif didapat pada campuran tanah expansif dengan campuran 5% kapur, dimana nilai pengembangan menjadi 1% untuk tes Free Swelling dan menjadi 2% untuk tes Swelling Pressure.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: expansive soil, lime powder, argo jati method
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 12:16
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item