Logo

STUDI TERINTEGRASI LIGHTING DEMAND SIDE MANAGEMENT UNTUK SEKTOR RUMAH TANGGA DI SURABAYA DENGAN METODE BEU, AHP, LCC, DAN EES

Tanoto, Yusak and Santoso, Murtiyanto and Hosea, Emmy (2012) STUDI TERINTEGRASI LIGHTING DEMAND SIDE MANAGEMENT UNTUK SEKTOR RUMAH TANGGA DI SURABAYA DENGAN METODE BEU, AHP, LCC, DAN EES. LPPM UK Petra.

[img] PDF
Download (1143Kb)
    [img] PDF
    Download (118Kb)
      [img] PDF
      Download (256Kb)

        Abstract

        Dalam penelitian ini, perencanaan aktifitas DSM untuk sektor rumah tangga di Surabaya melalui pemanfaatan lampu hemat energi dikaji secara komprehensif selama 2 tahun masa penelitian. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah terbentuknya kerangka metode assessment terintegrasi (integrative assessment method) untuk perencanaan penerapan aktifitas Lighting-DSM yang memperhatikan multi-dimensi, aspek teknis dan ekonomis, aspek preferensi, serta dampak lingkungannya, yang diimplementasikan pada studi kasus di Surabaya. Secara umum, metodologi yang akan digunakan pada penelitian ini dapat pula diaplikasikan untuk menentukan potensi penerapan Lighting-DSM di kota lain maupun untuk skala nasional. Sudut pandang preferensi participant digali melalui metode Analytic Hierarchy Process (AHP), sedangkan metode Baseline Energy Use (BEU) dipakai terutama untuk menentukan besarnya penggunaan listrik pada lampu dan jenis lampu terpasang bersama analisa Life Cycle Cost (LCC).

        Item Type: Book
        Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
        Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 26 Jun 2013 20:10
        Last Modified: 02 Sep 2013 18:06
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16448

        Actions (login required)

        View Item