Logo

Clean Development Mechanism (CDM) dan Kaitannya Bagi Pengelolaan Energi dan Lingkungan Hidup Dalam Konteks Perubahan Iklim di Indonesia

Tanoto, Yusak Clean Development Mechanism (CDM) dan Kaitannya Bagi Pengelolaan Energi dan Lingkungan Hidup Dalam Konteks Perubahan Iklim di Indonesia. In: Seminar Nasional dan Call For Papers Energi dan Lingkungan Hidup 2010, 29 Mei 2010, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

[img]
Preview
PDF
Download (313Kb) | Preview

    Abstract

    Pengelolaan sektor energi nasional dewasa ini dihadapkan pada dua agenda penting, yaitu pemenuhan kebutuhan energi dan pemeliharaan lingkungan hidup. Penurunan kualitas lingkungan hidup yang terlihat dari berbagai indikator, khususnya kondisi udara, berkaitan langsung dengan penggunaan energi, yang dalam hal ini pemanfaatan fossil fuel untuk berbagai aktifitas mulai dari rumah tangga, industri, transportasi, dan penyediaan listrik. Pemanasan global dan perubahan iklim yang bersifat transboundary mengharuskan setiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang untuk turut serta secara aktif menurunkan tingkat emisi greenhouse gases terutama karbon dioksida (CO2) di negaranya. Makalah ini memaparkan kondisi terkini pasokan dan penggunaan energi nasional, kondisi perkembangan ketenagalistrikan nasional, keadaan lingkungan hidup, status dan peranan Clean Development Mechanism (CDM), yang merupakan salah satu pilihan skema implementasi Kyoto Protocol yang berlaku hingga tahun 2012, dan arti penting CDM untuk sektor energi dan lingkungan hidup nasional terhadap pengelolaan energi di Indonesia berdasarkan prinsip-prinsip pembangunan yang berkesinambungan dan usaha mengurangi emisi CO2. Identifikasi potensi proyek CDM yang dapat segera dikembangkan juga didiskusikan, dimana terdapat potensi peningkatan jumlah proyek CDM pengurangan emisi CO2 yang berbasis pemanfaatan energi terbarukan dan efisiensi energi.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Yusak Tanoto
    Date Deposited: 06 Aug 2014 07:20
    Last Modified: 06 Aug 2014 07:20
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16681

    Actions (login required)

    View Item