Logo

Peningkatan Kualitas Tape 31 melalui Desain Eksperimen sebagai Upaya untuk Mengatasi Komplain dari Konsumen

Aysia , Debora Anne Yang and Julianingsih, Julianingsih and Adiluhung, Wishnu (2009) Peningkatan Kualitas Tape 31 melalui Desain Eksperimen sebagai Upaya untuk Mengatasi Komplain dari Konsumen. In: The 5th National Industrial Engineering Conference, 2nd December 2009, Surabaya.

[img]
Preview
PDF
Download (262Kb) | Preview

    Abstract

    Tape 31 adalah salah satu makanan khas dari Bondowoso. Banyaknya komplain dari konsumen dalam hal rasa dan kekerasan tape menyebabkan terjadinya penurunan penjualan tape. Artikel ini membahas upaya peningkatan kualitas produk Tape 31 melalui implementasi desain eksperimen, sebagai upaya untuk mengatasi komplain konsumen. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas produk Tape 31 dalam hal rasa dan kekerasan tape, agar lebih sesuai dengan selera konsumen. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode Factorial Design. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu rasio ragi dan gula, lama perebusan, serta lama fermentasi. Dari hasil eksperimen yang telah dilakukan, didapatkan komposisi yang paling banyak disukai oleh konsumen yaitu rasio ragi dan gula sebanyak 5:3 gram, lama perebusan selama 60 menit, dan lama fermentasi 4 hari. Hasil uji organoleptik memperlihatkan bahwa 73.3% responden lebih menyukai kualitas tape usulan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering Department
    Depositing User: Debora Anne Y. A.
    Date Deposited: 05 Nov 2014 14:10
    Last Modified: 05 Nov 2014 14:10
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16778

    Actions (login required)

    View Item