Logo

ENDANGERED MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PEMBERDAYAAN GURU-GURU SEKOLAH MINGGU (SUNDAY SCHOOL)

Vidyarini, Titi Nur and Priyowidodo, Gatut (2015) ENDANGERED MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PEMBERDAYAAN GURU-GURU SEKOLAH MINGGU (SUNDAY SCHOOL). SHARE, 2 (1). pp. 10-15. ISSN 2338-7866

[img] PDF
Download (569Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (peerreview)
    Download (408Kb) | Preview

      Abstract

      Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memperkenalkan metode mengajar atau komunikasi dalam kelas yang melibatkan multimedia. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru-guru sekolah minggu atau disebut juga Pamong Kebaktian Anak di Gereja GKJW Madiun dan GKJW Rungkut. Selama ini proses pengajaran sekolah minggu dilakukan dengan menggunakan sarana bahasa verbal dan nonverbal dari pamong KA, yang bisa disebut sebagai media tradisional atau endangered media. Perkembangan multimedia di era saat ini telah menyentuh anak-anak dan remaja yang mengikuti pendidikan agama secara informal di Sekolah Minggu. Melalui kegiatan ini, para pengabdi masyarakat mencoba memperkenalkan penggunaan multimedia, seperti laptop, tablet dan aplikasi video klip dalam proses pembelajaran di Sekolah Minggu. Tahap pertama adalah melalui pengenalan karakteristik anak dan media yang dapat digunakan. Tahap selanjutnya adalah pengenalan multimedia.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Endangered media, verbal dan nonverbal, Sekolah minggu, multimedia, karakteristik anak.
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
      Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 29 Jan 2015 18:06
      Last Modified: 12 Sep 2019 08:14
      URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16979

      Actions (login required)

      View Item