Logo

Tingkat pengetahuan Siswa SD Bina Putra Surabaya tentang Majalah Dinding Sekolah

Sari, Yustisia Ditya and Swestin, Grace (2014) Tingkat pengetahuan Siswa SD Bina Putra Surabaya tentang Majalah Dinding Sekolah. Jurnal Scriptura, 4 (2). pp. 78-85. ISSN 1978-385x

[img] PDF
Download (745Kb)

    Abstract

    Penelitian ini melihat tingkat pengetahuan atau respon kognitif siswa-siswi SD Bina Putra Surabaya pada fungsi, sifat dan format informasi dalam majalah dinding (mading) sebagai media komunikasi sekolah. Ketika akses media komunikasi di sekolah cukup terbatas, sebagai media komunikasi yang praktis dan sederhana, keberadaan mading menjadi penting sebagai media penyampai informasi untuk menciptakan sekaligus memelihara komunikasi di antara publik internal. Dalam hal ini, dibutuhkan pengetahuan publik tentang informasi. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus Organisme Respon (S-O-R). Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4, 5 dan 6. Dengan menggunakan metode survey dan analisis deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa tingkat pengetahuan siswa termasuk dalam kategori tinggi. Artinya, mading tersebut dapat menjalankan fungsinya sebagai media komunikasi bagi siswa-siswa di sekolah. Namun, beberapa aspek yang dapat ditingkatkan lagi adalah pada sifat kebaruan konten mading, sifat faktual (isi tentang kejadian-kejadian sebenarnya) serta berita dan artikel tentang peristiwa dan kejadian di sekitar sekolah. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan aspek jurnalistik mading sebagai media komunikasi di SD Bina Putra.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan, siswa SD Bina Putra, majalah dinding sekolah
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 19 Mar 2015 20:48
    Last Modified: 08 Sep 2015 16:12
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17670

    Actions (login required)

    View Item