Logo

Model Komunikasi dan strategi kebijakan kesadaran Anti Korupsi Melalui Pendekatan Character Building Berbasis Literasi Media

Priyowidodo, Gatut and Sari, Yustisia Ditya (2016) Model Komunikasi dan strategi kebijakan kesadaran Anti Korupsi Melalui Pendekatan Character Building Berbasis Literasi Media. In: Konferensi Nasional Komunikasi 2016, 13-10-2016 - 13-10-2016, Makassar - Indonesia.

[img] PDF
Download (309Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah menemukan model komunikasi dan strategi kebijakan yang tepat khususnya dalam menumbuhkan kesadaran anti korupsi melalui character building berbasis literasi media. Obyek yang dipilih adalah organisasi penyelenggara pendidikan formal yang dikelola lembaga-lembaga pendidikan swasta berbasis keagamaan yakni Sekolah Kristen Petra 5 dan Sekolah Islam Attarbiyah Surabaya, dengan subjek penelitian adalah peserta didik pada level SMP. Metode penelitian menggunakan paradigma interpretif/kualitatif yang dikaji berdasarkan studi phenomenography. Kajian ini menekankan variasi pengalaman empirik dari informan yang terlibat langsung. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, FGD (focus group discussion) dengan jumlah peserta 20 serta telaah kepustakaan. Analisis data dilakukan secara tematik dengan bantuan NVIVO. Hasil penelitian ini mencakup dua temuan: temuan pertama adalah tingkat pengetahuan tentang kesadaran anti korupsi melalui character building berbasis literasi media yang secara langsung dialami oleh para pelajar pada jenjang pendidikan menengah pertama. Serta temuan kedua model komunikasi dan strategi kebijakan yang tepat khususnya dalam menumbuhkan kesadaran anti korupsi melalui character building berbasis literasi media.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model, komunikasi, strategi kebijakan, kesadaran anti korupsi, literasi media.
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 17 Oct 2017 23:33
    Last Modified: 03 Aug 2018 21:07
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17909

    Actions (login required)

    View Item