Logo

Pendekatan Netnographi Terhadap Pola-Pola Komunikasi Sebagai Penentu Identifikasi Organisasi dan Budaya Organisasi Pada Organisasi Virtual di Indonesia

Priyowidodo, Gatut and Sari, Yustisia Ditya (2017) Pendekatan Netnographi Terhadap Pola-Pola Komunikasi Sebagai Penentu Identifikasi Organisasi dan Budaya Organisasi Pada Organisasi Virtual di Indonesia. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (726Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah menemukan pola-pola komunikasi sebagai penentu identifikasi organisasi dan budaya organisasi pada organisasi virtual (maya) di Indonesia. Objek yang dipilih dalam penelitian ini adalah netizen yang aktif dalam berinteraksi dengan sejumlah organisasi virtual terutama mereka yang tergabung dalam komunitas virtual pada masing-masing situs organisasi moda transportasi berbasis aplikasi yakni Grab Taxi, Uber Taxi dan Go-jek yang ada di Indonesia. Subjek penelitian adalah netizen baik sebagai pengelola atau administrator situs maupun para user/member komunitas tersebut. Metode penelitian ini menggunakan paradigma interpretif/kualitatif yang dikaji berdasakan studi Netnography. Netnografi berasal dari kata internet dan etnografi. Secara singkat netnografi adalah metode etnografi yang dipergunakan untuk menyelidiki kehidupan dunia virtual di internet. Metode ini berusaha memahami secara mendalam kehidupan komunitas virtual dari perspektif pelaku. Objek kajian netnografi adalah netizen dengan aktivitas dan kehidupan mereka di dunia virtual. Metode netnografi adalah salah satu metode yang populer dan banyak dipakai dalam penelitian ilmu komunikasi di banyak negara. Popularitas dari metode ini tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internet dan media sosial yang merupakan fenomena global. Data dikumpulkan melalui observasi situs, wawancara mendalam (in depth interview), Focus Group Discussion (FGD), dan telaah kepustakaan, data dianalisis dengan menggunakan analisis situs (site analysis) dan analisis tematik berdasarkan data lapangan serta diolah dengan bantuan NVIVO sebagai piranti analisis kualitatif. Temuan penelitian ini mencakup dua hal yakni pertama diskripsi tentang identifikasi dan budaya organisasi berbasis online pada organisasi maya moda transportasi darat. Kedua, diskripsi tentang pola-pola komunikasi dan interaksi yang terjalin diantara netizen/user atau komunitas virtual dengan pengelola organisasi.

    Item Type: UNSPECIFIED
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 17 Oct 2017 18:35
    Last Modified: 03 Aug 2018 21:07
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17910

    Actions (login required)

    View Item