Logo

POLA KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI VIRTUAL

Priyowidodo, Gatut and Sari, Yustisia Ditya (2018) POLA KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI VIRTUAL. Komunikasi . PT Rajawali Pers DEPOK-JAKARTA. ISBN 978-602-425-644-9

[img] PDF
Download (260Kb)

    Abstract

    Pada awalnya buku ini memang ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pola-pola komunikasi sebagai penentu identifikasi organisasi dan budaya organisasi pada organisasi virtual (maya) di Indonesia. Objek yang dipilih sebagai bahan kajian penulisan buku ini adalah netizen yang aktif dalam berinteraksi dengan sejumlah organisasi virtual terutama mereka yang tergabung dalam komunitas virtual pada masing-masing situs organisasi moda transportasi berbasis aplikasi yakni Grab Taxi, Uber Taxi dan Go-jek yang ada di Indonesia. Subjek penelitian adalah netizen baik sebagai pengelola atau administrator situs maupun para user/member komunitas tersebut. Mereka adalah komunitas organisasi virtual (virtual organization community) yang terhimpun oleh kesamaan kepentingan bisnis. Mereka saling berinteraksi baik order kendaraan (booking) maupun chatting secara instensif terhadap topik-topik aktual yang menjadi perhatian atau trending topic. Sementara setting penulisan adalah komunitas yang secara khusus menjalani keberlanjutan hidup dengan menggantungkan diri sepenuhnya dari hasil kerja dibidang transportasi online ini. Sangat disadari bahwa interaksi diantara user dan adminitrator kadang mengalami pasang surut, karena semua hanya mengandalkan fasilitas yang disediakan aplikasi. Namun demikian karena perkembangan teknologi adalah sebuah keniscayaan dan mereka adalah pemain di dalamnya maka semua yang terjadi secara virtual ini juga merepresentasikan situasi interaksi riil. Bahkan melalui diskusi-diskusi online di grup mereka tentang sesuatu topik tertentu atau beragam informasi yang sengaja diblast/ disebarkan) dapat dianggap sebagai sarana sosialisasi pesan atau informasi dari administrator kepada user atau pelanggan mereka. Karena buku ini merupakan hasil kajian lapangan, maka penulis juga sedikit menjelaskan metode riset apa yang dipakai. Metode riset yang dipilih adalah netnography yang termasuk dalam ranah paradigma interpretif/kualitatif. Netnografi berasal dari kata internet dan etnografi. Secara singkat netnografi adalah metode etnografi yang dipergunakan untuk menyelidiki kehidupan dunia virtual di internet. Metode ini berusaha memahami secara mendalam kehidupan komunitas virtual dari perspektif pelaku. Objek kajian netnografi adalah netizen dengan aktivitas dan kehidupan mereka di dunia virtual. Metode netnografi adalah salah satu metode yang populer dan banyak dipakai dalam penelitian ilmu komunikasi di banyak negara. Popularitas dari metode ini tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internet dan media sosial yang merupakan fenomena global. Data dikumpulkan melalui observasi situs, wawancara mendalam (in depth interview), Focus Group Discussion (FGD), dan telaah kepustakaan, data dianalisis dengan menggunakan analisis situs (site analysis) dan analisis tematik berdasarkan data lapangan serta diolah dengan bantuan NVIVO sebagai piranti analisis kualitatif.

    Item Type: Book
    Additional Information: Buku Referensi Mahasiswa
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 17 Oct 2018 21:36
    Last Modified: 18 Oct 2018 22:14
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17990

    Actions (login required)

    View Item