Logo

PEMANFAATAN PUZZLE HURUF DALAM MENDORONG MINAT MENABUNG SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Linawati, Nanik and Wahyudi, Raymond (2018) PEMANFAATAN PUZZLE HURUF DALAM MENDORONG MINAT MENABUNG SISWA TAMAN KANAK-KANAK. In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 26-10-2018 - 26-10-2018, Jogjakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (773Kb)

    Abstract

    Perkembangan pada masa anak-anak tidak dapat terlepas dari masa bermain yang dapat mengasah keterampilan dan mengembangkan karakter anak. Semakin majunya teknologi memberikan alternatif permainan yaitu permainan digital. Namun kecenderungan permainan digital yang dimainkan secara berlebihan dapat memberi dampak buruk kepada anak-anak. Anak-anak memerlukan permainan edukatif yang menarik dan sederhana dalam mengantisipasi permasalahan kecanduan permainan digital. Melalui kegiatan service learning Program Manajemen Keuangan Universitas Kristen Petra, para siswa TK diajak bermain merangkai puzze “Ayo menabung” yang dapat membimbing mereka untuk memahami arti kata menabung dan meningkatkan minat menabung para siswa TK. Para siswa TK dan para guru memberikan respon yang baik ketika permainan puzzle “ayo menabung” dilakukan. Permainan puzzle ini diharapkan dapat menjadi alternatif permainan edukatif yang dapat mengembangkan minat siswa TK untuk menabung.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: permainan edukatif, pendidikan keuangan, siswa TK, minat menabung
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Faculty of Economic > Finance Management Program
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 31 Oct 2018 01:22
    Last Modified: 16 Jul 2019 06:00
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18029

    Actions (login required)

    View Item