Logo

REFLEKSI PLURALISME MELALUI FILM ANIMASI SI ENTONG SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA INDONESIA

Sya, Meta and Marta, Rustono Farady and Hadi, Ido Prijana (2020) REFLEKSI PLURALISME MELALUI FILM ANIMASI SI ENTONG SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA INDONESIA. Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM), Volume (No 1 (). pp. 18-33. ISSN Print ISSN 2615-0875 : Online ISSN 2615-0948

[img] PDF
Download (496Kb)
    [img] PDF
    Download (4Mb)

      Abstract

      Indonesia dikenal memiliki banyak kekayaan budaya yang beraneka ragam. Keberagaman ini dipersatukan melalui semboyan bangsa Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya, semboyan ini harus terus dipertahankan dengan cara memperkenalkannya kepada anak-anak sejak usia dini. Pemanfaatan teknologi bisa dilakukan dalam memperkenalkan semboyan tersebut, yaitu melalui animasi film anak- anak. Salah satu hasil karya bangsa yang merefleksikan pluralisme dan menampilkan identitas budaya, yaitu Si Entong. Keunikan yang ditampilkan dalam Si Entong adalah karakter anak-anak yang berasal dari berbagai macam suku dan penggunaan logat bahasa. Bersandar pada teori negosiasi identitas yang dikemukakan oleh Stella Ting-Toomey, maka hasil temuan penulis pada film animasi Si Entong tersebut dielaborasi dengan metode analisis konten kualitatif Phillip Mayring. Penelitian ini berpijak pada paradigma interpretif untuk menemukan tiga elemen utama analisis konten, antara lain: abstraksi, eksplikasi, dan strukturasi. Ketiga tahapan ini diidentifikasi penulis sebagai refleksi nilai pluralisme sebagai identitas budaya Bangsa Indonesia yang tertuang dalam cerita �Si Entong�.

      Item Type: Article
      Additional Information: urnal Riset Komunikasi (JURKOM) has been accredited on level 3 (Sinta 3) by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia (SK Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti No. 28/E/KPT/2019) valid for 5 years from Volume 1 No. 1 2018 to Volume 5 No. 2 2022.
      Uncontrolled Keywords: Film Animasi Si Entong; Pluralisme; Teori Negosiasi Identitas
      Subjects: H Social Sciences
      Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 09 Mar 2020 17:52
      Last Modified: 05 May 2020 15:38
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18782

      Actions (login required)

      View Item