Karsono, Ong Mia Farao (2013) Pemenfaatan Teknologi Media Program Praat dalam Pendidikan Bahasa #35486#35328#25945#23398#20013#24212#29992#39640#31185#25216#22810#23186#20307Praat #32434#39046#20043#25928#29992. In: Seminar nasional “Pemerolehan dan Pengajaran Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Asing dan Pendidi, 31-08-2013 - , Surabaya - Indonesia.
PDF Download (630Kb) |
Abstract
Dengan kemajuan teknologi terutama terciptanya kompiuter dewasa ini sangat membantu sekali proses kemajuan pendidikan. Lebih-lebih adanya program Praat yang dapat mengubah gelombang bunyi yang dahulu hanya dapat didengarkan sekarang menjadi dapat dilihat oleh mata manusia. Selain itu program Praat dilengkapi perangkat untuk melihat gerak nada, besaran jeda, lama ujaran yang semua ini diperlukan untuk menentukan kekurangtepatan daripada sebuah ujaran atau kesalahan dari ujaran tersebut. Dengan membandingkan tampilan gambar Praat dari penutur Tiongkok dan penutur Indonesia dapat mengetahui mengapa ujaran penutur Indonesia kurang mirip. Artikel ini mengambil contoh ujaran sebuah kalimat yang telah ditentukan oleh seorang penutur Indonesia dan seorang penutur Tiongkok, hasil analisis menemukan bahwa dalam ujaran penutur Tiongkok semua kata yang terdiri atas dua suku selalu terjadi jeda, sementara ujaran penutur Indonesia kadang terjadi jeda kadang tidak terjadi jeda. Selain itu ditemukan juga perbedaan adanya jeda ketika mengujarakan kata bernada ringan, penutur Tiongkok kata bernada ringan yang terletak di belakang sebuah kata yang terdiri atas dua suku kata bernada empat tidak terjadi jeda, sementara ujaran penutur Indonesia terjadi jeda.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Praat, Jeda#65292Ujaran#65292Penutur#65292 Indonesia#65292 Tiongkok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Letter > Chinese Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 13 Oct 2013 17:33 |
Last Modified: | 13 Oct 2013 17:33 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16218 |
Actions (login required)
View Item |