Logo

Penentuan Pola Pembebanan pada Aktifitas Lighting-Demand Side Management di Sektor Rumah Tangga Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process

Tanoto, Yusak and Santoso, Murtiyanto and Hosea, Emmy (2012) Penentuan Pola Pembebanan pada Aktifitas Lighting-Demand Side Management di Sektor Rumah Tangga Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. In: Seminar Nasional FORTEI 2012, 22-09-2012 - , - .

[img] PDF
Download (854Kb)

    Abstract

    Salah satu jenis kegiatan terstruktur yang dapat dilakukan oleh perusahaan penyedia energi listrik untuk tujuan penghematan penggunaan listrik di sisi konsumen rumah tangga adalah Lighting-Demand Side Management. Agar kegiatan ini dapat berlangsung secara efektif, perlu dilakukan perencanaan aspek teknis dan ekonomis yang baik. Di sisi lain, konsumen mempunyai preferensi tentang pola penggunaan lampu di rumah. Penentuan pola pembebanan merupakan salah satu aspek penting dalam perencanaan aktifitas DSM. Makalah ini membahas penentuan pola pembebanan lampu di sektor rumah tangga berdasarkan preferensi konsumen untuk tujuan penghematan energi listrik menggunakan metode Analytic Hierarchy Process. Berdasarkan hasil analisa sample kuesioner untuk wilayah kota Surabaya Selatan, didapatkan pola pembebanan lampu yang diinginkan konsumen rumah tangga adalah energy efficiency, diikuti oleh peak clipping.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Lighting-Demand Side Management, Analytic Hierarchy Process, pola pembebanan, rumah tangga
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 26 Jun 2013 17:56
    Last Modified: 02 Sep 2013 18:06
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16449

    Actions (login required)

    View Item