Logo

ANALISIS PEMBENTUKAN NILAI MAHASISWA PENGARUHNYA KEPADA KEPUASAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURABAYA

Semuel, Hatane and Devie, (2015) ANALISIS PEMBENTUKAN NILAI MAHASISWA PENGARUHNYA KEPADA KEPUASAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURABAYA. In: 2ndIndonesian Statistical Analysis Conference (ISAC 2014) #65533 Statistics Applications in Supply Chains, - 27-11-2014, Bandung - Indonesia.

[img] PDF
Download (296Kb)

    Abstract

    Keberlangsungan Pengelolaan Perguruan Tinggi (PT) Swasta saat ini sangat tergantung pada pendanaan yang berasal dari mahasiswa. Intensitas persaingan dalam sektor pendidikan yang ditandai dengan munculnya kampus baru dari pengusaha bermodal besar dapat mengganggu kesinambungan keuangan PT Swasta yang sumber keuangannya bergantung pada pendanaan mahasiswa. Pengelola PT Swasta di Surabaya harus berlomba dalam menciptakan nilai bagi mahasiswa (Student Value Creation) sehingga dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa. Penciptaan nilai terjadi pada saat mahasiswa mendapatkan manfaat berupa manfaat kualitas layanan, manfaat reputasi PT, dan kewajaran biaya kuliah (tuition fee) yang harus dibayar mahasiswa. Penciptaan nilai mahasiswa diukur dari persepsi mahasiswa aktif masing-masing PT Swasta. kualitas layanan PT diukur dengan delapan indikator, reputasi PT diukur dengan tujuh indikator dan harga yang ditawarkan PT diukur dengan tiga indikator, sedangkan kepuasan mahasiswa diukur dengan empat indikator. Penelitian menggunakan 511 mahasiswa sebagai responden dari empat PT Swasta sampel di Surabaya. Data penelitian dianalisi secara deskriptif maupun kausal dengan menggunakan model SEM dan diselesaikan dengan paket program SMART PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga dimensi penciptaan nilai, yaitu kualitas layanan PT, reputasi PT dan harga yang ditawarkan PT berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa, dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang paling kuat.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Kualitas Layanan, Penciptaan Nilai.
    Subjects: H Social Sciences
    H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Graduate Program > Economic Management
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 02 Feb 2015 18:00
    Last Modified: 30 Mar 2015 22:11
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17005

    Actions (login required)

    View Item