Logo

Pendidikan Antikorupsi Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi * Solusi Cegah Tangkal Korupsi Usia Dini

Priyowidodo, Gatut (2006) Pendidikan Antikorupsi Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi * Solusi Cegah Tangkal Korupsi Usia Dini. HUMANITAS, 8 (2). pp. 55-61. ISSN 1411-1322

[img] PDF
Download (52Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (peerreview)
    Download (693Kb) | Preview

      Abstract

      Segala bentuk aturan hukum hanya solusi parsial. Ibarat obat yang hanya mengobati luka. Luka yang satu sembuh, muncul luka yang lain. Begitu seterusnya hingga sekujur tubuh luka dan perlu obat. Tidak lekas berpikir, bagaimana hidup sehat terhindar luka dan bebas obat. Negara yang bersih, ibarat tubuh yang sehat. Indonesia yang bersih dan sehat tetap harapan. Maka penyelenggaraan pendidikan antikorupsi harus dijalankan secara terintegrasi. Topangan dan dukungan subsistem tatanan sosial dan moral yang lain amat menentukan. Berhasil tidaknya, upaya cegah tangkal praktek koeupsi dapat dilihat hasilnya 15-20 tahun mendatang. Implementasi pendidikan antikorupsi usia dini adalah pemancangan fondasi �sosrobahu� moralitas generasi mendatang yang berani berkata haram korupsi. Eksistensi Indonesia masa depan, terletak pada kepiawaian cerdas pemegang kendali pemerintahan saat ini untuk mempersiapkan generasi penerus yang bebas korupsi. Maka tiga sikap moral fundamental harus melekat dalam diri setiap individu agar kebal terhadap godaan korupsi yakni kejujuran, rasa keadilan, dan rasa tanggung jawab.

      Item Type: Article
      Additional Information: Afiliasi UK Petra belum ada karena artikel dipublikasikan sebelum bergabung dgn UK Petra awal 2006.
      Uncontrolled Keywords: Kata kunci : korupsi, kurikulum berbasis kompetensi, pendidikan
      Subjects: H Social Sciences
      Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 23 Apr 2016 12:00
      Last Modified: 12 Sep 2019 08:13
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17353

      Actions (login required)

      View Item