Meilinda, (2016) Teater Interaktif Sebagai Alat Pemberdayaan Remaja di Masyarakat Urban. Jurnal Humaniora , 13 (2). p. 199. ISSN 16938925
PDF Download (125Kb) | ||
| PDF (peerreview) Download (545Kb) | Preview | |
| PDF (cek plagiasi) Download (1023Kb) | Preview | |
| PDF (artikel - Meilinda) Download (2410Kb) | Preview |
Abstract
TEATER INTERAKTIF SEBAGAI ALAT PEMBERDAYAAN REMAJA DI KAWASAN URBAN Meilinda Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia surel: meilinda@petra.ac.id Teater adalah sebuah media yang digunakan oleh para pelaku panggung dan penikmatnya untuk menyampaikan pemikiran dan ekspresi artistik. Namun, di Indonesia, teater dapat digunakan untuk tujuan lain yaitu pemberdayaan masyarakat. Bagi penulis, sangat penting agar remaja, yang menjadi generasi penerus bangsa berlatih sedari dini untuk peka dan mampu menganalisa permasalahan yang mereka hadapi dalam masyarakat. Terinspirasi oleh apa yang dilakukan oleh Augusto Boal dengan Teater Kaum Tertindas-nya, penulis menawarkan sebuah metode yang menggunakan teater sebagai alat untuk membantu remaja di dalam masyarakat urban, khususnya Surabaya, mengidentifikasi permasalahan mereka dan mencoba mencari solusinya. Dalam kolaborasi antara mahasiswa dan target penelitian, mereka berhasil merumuskan permasalahan sosial yang menjadi bahaya laten dalam hidup mereka dan mencoba mencari solusi yang dapat ditawarkan. Pementasan teater ini berupa pementasan teater interaktif dimana penampil mengajak partisipasi penonton untuk memilih solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami tokoh utama dalam cerita. Melalui proyek peneilitian ini, penulis membuktikan bawa teater dapat dijadikan alat yang efektif untuk memberdayakan anak- remaja di daerah urban. INTERACTIVE THEATRE AS A WAY TO EMPOWER YOUNG URBAN COMMUNITY Theatre as a medium of artistic expression has been successful in providing space thespians and spectators to enjoy a work of art. However, in the case of Indonesia, theatre may have a role for empowering people. For the writer, it is very important to give a chance to young people to exercise their analytical skill in analyzing problems that they face in the society. Inspired by Boal�s Theatre of the Oppressed, in this paper I propose a method that is using theatre as a way to help young people in the urban community, especially in Surabaya. Collaborating with my students in the University, the participants are challenged to identify their real problem and come up with the solution. In this program, interactive theatrical method is used for writing the script and staging the performance. In this way, through the interactive theatrical production, that is, a combination of artistic and social aspects, I would suggest that interactive theatre can be an alternative for service learning program.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: interactive theatre, community empowerment, collaborative work Kata Kunci: teater interaktif, pemberdayaan masyarakat, kolaborasi |
Subjects: | H Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Letter > English Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 22:27 |
Last Modified: | 28 May 2022 11:23 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17677 |
Actions (login required)
View Item |