Logo

Pesan Moral Dalam Film Anak Indonesia Terlaris 2007-2015

Budiana, Daniel and Wahjudianata, Megawati (2017) Pesan Moral Dalam Film Anak Indonesia Terlaris 2007-2015. Scriptura, 6 (2). pp. 82-87. ISSN 1978-385X

[img] PDF
Download (64Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (58Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (636Kb) | Preview
        Official URL: scriptura.petra.ac.id

        Abstract

        Film merupakan salah satu media massa yang memiliki pengaruh kuat terhadap masyarakat. Film juga menjadi salah satu medium yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral bagi anak-anak. Penelitian ini mencari nilai-nilai moral yang terdapat dalam tujuh film anak Indonesia terlaris 2007-2015. Adapun penelitian ini menggun metode Analisis Isi dengan pendekatan kuantitatif. Berdasar hasil temuan data, dapat disimpulkan bahwa pesan pro sosial lebih mendominasi dibanding pesan anti sosial pada tujuh film anak Indonesia terlaris 2007-2015. Adapun pesan pro sosial yang sering tampil adalah memuji, menasehati, menghibur, berempati, kesopanan, bekerjasama, dan persahabatan. Sedangkan untuk pesan anti sosial, mayoritas pesan anti sosial yang ditampilkan adalah yang bersifat kekesan non verbal, yaitu mengejek, mempermalukan, memaki, mengancam dan menakuti.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: Pesan Moral, Film, Film Anak Indonesia 2007-2015, Analisis Isi.
        Subjects: H Social Sciences
        Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 30 Oct 2017 17:56
        Last Modified: 02 Oct 2018 11:08
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17969

        Actions (login required)

        View Item