Logo

Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Sari, Lily Eka (2018) Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga bagi Anak Berkebutuhan Khusus. SHARE, 4 (1). pp. 13-18. ISSN 2338-7866

[img]
Preview
PDF
Download (700Kb) | Preview

    Abstract

    Di Indonesia, jumlah anak berkebutuhan khusus yang berusia sekolah terus meningkat. Sekolah dan orang tua murid perlu berkolaborasi untuk mendukung proses belajar siswa. Dalam hal ini, perlu ada pengadaan dan penggunaan alat peraga bagi siswa berkebutuhan khusus. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji manfaat pembuatan dan penggunaan alat peraga bagi anak berkebutuhan khusus. Pembuatan dan penggunaan alat peraga ditujukan terutama bagi siswa berkebutuhan khusus di tingkat Sekolah Dasar, di sekitar Sekolah Teologi Kristen Pelangi Kristus, Surabaya. Dalam kegiatan tersebut, digunakan metode direct teaching dan praktik agar setiap peserta bisa menyesuaikan alat peraga dengan kebutuhan siswa. Hasil pelatihan yang telah dilakukan di Sekolah Teologi Kristen Pelangi Kristus, Surabaya menunjukkan bahwa siswa mampu menangkap materi pembelajaran jika diadakan adaptasi dan modifikasi cara menyampaikan materi.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Anak berkebutuhan khusus, alat peraga, metode mengajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 12 Nov 2018 20:45
    Last Modified: 01 Jul 2020 02:16
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18016

    Actions (login required)

    View Item