Christianna, Aniendya (2017) Textual Analysis of Indonesia’s Identity in Instagram. SAINTEK, 14 (1). p. 28. ISSN 1693-8917
PDF Download (2789Kb) |
Abstract
Budaya tontonan dalam era visual ini membuka peluang bagi ideologi-ideologi tertentu untuk menyusup membangun sebuah pemahaman melalui tampilan foto. Akun instagram berbasis keindahan alam menjadi sebagian kecil wujud hegemoni Barat dalam membangun defi nisi tentang identitas Indonesia. Komposisi, warna dan objek foto yang seragam di antara banyak foto yang diunggah menunjukkan sebuah anomali yang patut untuk dikupas. Identitas Indonesia yang digambarkan oleh Mooi Indie di masa lalu, seolah terulang saat ini dengan tampilan visual yang serupa. Di mana menampilkan pantai, sawah dan gunung yang tenang dengan komposisi yang formal dan simetris. Realitas sosial Indonesia yang kompleks, dinamis dan kadang-kadang carut marut dibingkai sedemikian rupa sehingga menjadi sederhana, terstruktur dan seragam. Aspek-aspek lain yang tidak sesuai akan disamarkan atau bahkan dihilangkan sama sekali. Persamaan visual image antara Mooi Indie dan foto instagram adalah penekanan pada faktor geografi , bukan historis. Pelanggengan stereotip Indonesia diwariskan sejak dahulu hingga sekarang melalui The Next Mooi Indie, perbedaan keduanya hanya pada media, dari lukisan ke foto di media sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Identitas, Indonesia, Orientalisme |
Subjects: | H Social Sciences N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 16:58 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 20:27 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18184 |
Actions (login required)
View Item |