Logo

Pemgambilan Keputusan dan Strategi Pemasaran Politik

Priyowidodo, Gatut and Indrayani, Inri Inggrit and Gunawan, Samuel and Sari, Yustisia Ditya (2018) Pemgambilan Keputusan dan Strategi Pemasaran Politik. Buku Referensi Nasional . RAJAWALI PERS, JAKARTA. ISBN 9786024256654

[img] PDF
Download (3055Kb)

    Abstract

    Ketika kita memasuki era Revolusi Industri 4.0, diakui atau tidak media sosial memiliki kekuatan yang luar biasa. Hampir seluruh interaksi yang kita bangun atau selenggarakan dengan pihak lain tidak bisa lepas dari keterlibatan atau kehadiran media sosial. Tidak ada celah dari seluruh aktivitas manusia yang tidak bersinggungan dengan media sosial. Budaya, sosial, ekonomi, teknologi, olah raga, seni, alam, ruang angkasa, pendidikan, spiritualitas hingga politik pun semua meniscayakan kehadiran media sosial di dalamnya. Gelombang Pilkada serentak yang beruntun datang untuk ketiga kalinya (2018) setelah sukses pada dua gelombang (2015,2017) sebelumnya juga menyiratkan bahwa medsos berperan sangat penting. Tidak hanya calon kepala daerah yang berkompetisi yang memberdayakan keampuhannya, tetapi juga partai politik pengusung. Itu sebabnya, meskipun media mainstream (koran, televisi dan radio) tetap eksis, tetapi fungsi tersebut telah banyak diambil alih atau tepatnya dikudeta oleh media sosial. Komunikasi yang dilakukan dalam partai politik sebagai wadah berorganisasi pun dalam beragam format. Format komunikasi dari anggota ke anggota dikenal dengan istilah satu level atau pola horisontal. Format dari anggota ke pengurus partai atau pengurus partai ke anggota dikenal dengan istilah pola vertikal. Format komunikasi lainnya adalah dari anggoa ke pengurus lalu ke anggota atau dari pengurus-anggota-pengurus disebut dengan istilah pola komunikasi silang. Mereka secara intens mempercakapkan perkembangan dan isu-isu pemilihan kepala daerah atau chatting secara instensif terhadap topik aktual yang menjadi perhatian atau trending topic dengan menggunakan aplikasi whatApps, line, telegram, facebook. Tentu karena media yang digunakan medsos, isi percakapan atau konten sangat variatif. Da yang sangat serius, serius, hingga obrolan yang mendiskusikan isu-isu yang tidak penting berkait berita yang sifatnya desas-desus. Penulis sengaja memilih Pilkada Kota Kediri sebagai wilayah kajian empirik, mengandung maksud berdasarkan pertimbangan bahwa PDI Perjuangan adalah pemenang dalam Pilkada 2013 di Kediri dan pada Pilkada Serentak Gelombang ketiga tahun 2018, PDIP juga mengusung calon yang berkoalisi dengan Hanura. Detik-detik menjelang penutupan pendaftaran calon di KPU menjadi saat yang sangat menegangkan karena calon koalisi belum kunjung menyerahkan berkas pengusulannya. Ini yang sempat memantik demo ke Ketua DPC Hanura, seolah-olah Hanura tidak mau berkoalisi dengan calon yang diusung PDIP yang juga mantan Walikota. Buku ini ditulis sebagai pengembangan lebih jauh dari hasil riset lapangan kami yang berjudul Kajian Pola Komunikasi Berbasis Media Sosial Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Politik Pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dalam skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi. Namun demikian, secara sengaja penulis juga melengkapi dengan perspektif lain yakni PR (Public Relation) sebagai sarana marketing politik. Ini dimaksud, ternyata dalam kontestasi politik apakah itu pada level pemilihan legislatif (DPR/DPRD termasuk juga pemilihan senator daerah/anggota DPD) serta pemilihan Presiden, menjual �branding calon� itu sama penting dengan menjual produk dalam konsep produksi barang/jasa di bidang ekonomi. Pilkada bukan sekedar festival politik, tapi lebih kepada bazzar politik. Dimana pembeli/pemilih memiliki otoritas penuh menentukan pilihan apa yang dibeli atau dipilih. Pada bagian akhir buku ini, penulis menyajikan sisi lain kontestasi politik yang terjadi di AS ketika Obama, Hillary dan Trump berretorika pada masa pencapresan dan penerimaan kemenangan di antara mereka. Retorika adalah kajian awal komunikasi politik yang banyak memberikan inspirasi bagaimana opini publik itu juga sangat dipengaruhi kemampuan retorik sang kandidat. Mengkomunikasikan pesan perlu strategi yang relevan, pilihan media yang tepat sasaran sekaligus kelihaian membaca situasi yang terjadi saat itu. Tidak mudah memang bagi politisi untuk memenangkan sebuah pertarungan politik pada era transparansi demokrasi modern sekarang ini. Kontestasi di Kediri, pemilihan Gubernur di Jawa Timur dan agak melompat jauh ke pemilihan Presiden AS seolah memberi gambaran riil betapa calon yang semula unggul dan partai pengusungnya relatif punya suara di legislatif ternyata kalah dalam pemilihan. Apa maknanya itu? Berdasarkan data empirik yang peneliti kumpulkan baik melalui wawancara langsung dengan sejumlah narasumber baik pada level lokal maupun nasional serta dokumen kepustakaan, ternyata partai politik bukan preferensi utama konstituen menjatuhkan pilihan politiknya. Aspek lain yang perlu diperhitungkan adalah figur atau sosok yang dipilih. Persis sama dengan produk barang dan jasa, konsumen tidak begitu menghiraukan dimana diproduksi, tapi bagimana kualitas produk dan akseptabilitasnya di masyarakat. Pada alenia penutup ini, penulis tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Ristek Dikti yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk mengeksekusi hibah Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi Tahun 2018 dengan Nomor 002/SP2H/LT/K7/KM/2017 tertanggal 26 Februari 2018, pihak penerbit Rajawali Pers Jakarta, LPPM UK Petra, seluruh kolega di Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra serta para mahasiswa ilmu komunikasi yang memperkaya khasanah dan diskusi ketika di kelas Komunikasi Politik dan Komunikasi Organisasi. Harapan kami buku ini memiliki sumbangsih akademis dan praktis terutama dalam konteks penyadaran pentingnya media sosial dalam Pilkada.

    Item Type: Book
    Additional Information: Buku Referensi Mata Kuliah Komunikasi Organisasi dan Komunikasi Politik
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 26 Nov 2018 14:38
    Last Modified: 16 Jul 2019 09:45
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18191

    Actions (login required)

    View Item