Logo

Penelitian Media Kualitatif (Filosofi Filosofi Penelitian, Paradigma, Rentang Teori, Langkah-langkah Penelitian Media: Metode Reception Studies, Etnografi Media/Netnografi, Fenomenologi, Studi Kasus, Analisis Tematik)

Hadi, Ido Prijana (2020) Penelitian Media Kualitatif (Filosofi Filosofi Penelitian, Paradigma, Rentang Teori, Langkah-langkah Penelitian Media: Metode Reception Studies, Etnografi Media/Netnografi, Fenomenologi, Studi Kasus, Analisis Tematik). Teks . PT. RajaGrafindo Persada: Rajawali Pers. ISBN 978-623-231-459-7

[img]
Preview
PDF
Download (2069Kb) | Preview
    [img] PDF
    Download (7Mb)
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (1362Kb) | Preview

        Abstract

        Para peneliti komunikasi dan media sering membayangkan bahwa komunikasi sebagai praktik budaya, di mana masalah kekuasaan, kelas dan identitas sosial dapat dinegosiasikan. Penelitian kualitatif tidak menawarkan jawaban yang mudah, kebenaran sederhana atau pengukuran yang tepat, tetapi buku ini mencoba memberikan panduan yang komprehensif dan dapat diakses bagi siapa pun yang berharap untuk mengeksplorasi metodologi penelitian media secara kontekstual. Metode penelitian media kualitatif ini memberikan para peneliti dan mahasiswa alat yang mereka butuhkan untuk melakukan penelitian lapangan, dan terlibat secara kritis berdasarkan informasi teoritis menggunakan metode wawancara, kelompok fokus, observasi partisipan, analisis tekstual dan penelitian online kualitatif karena pelbagai alasan dan kondisi situasi sosial. Buku ini juga membahas aspek umum dari proses penelitian media kualitatif. Bahasa sebagai teks media adalah aspek fundamental dari semua penelitian kualitatif. Pada tingkat dasar, penelitian kualitatif berusaha untuk memahami tradisi, konteks, penggunaan dan makna kata, konsep dan ide. Peneliti kualitatif mengajukan pertanyaan penelitian, mencari makna, mencari cara yang berguna untuk berbicara tentang pengalaman dalam konteks sejarah, budaya, ekonomi dan atau politik tertentu, serta mempertimbangkan praktik sosial yang relevan. Proses penelitian kualitatif sering terdiri dari lima fase berbeda: memilih topik studi; membangun pertanyaan penelitian dan menyesuaikan metode penelitian berdasarkan paradigma interpretif atau kerangka kerja teoritis; mengumpulkan bukti; menganalisis dan menafsirkan bukti; dan menyusun laporan penelitian. Dalam masyarakat digital kontemporer, para peneliti dimudahkan dengan teknologi digital yang bisa menjangkau publik. Serta memiliki akses ke pelbagai perangkat data besar yang menawarkan banyak informasi tentang topik yang berhubungan dengan konten media. Menggunakan data lapangan kualitatif tentu dapat memberi bekal mendalam para peneliti terkait informasi berharga fenomena komunikasi dan media yang makin konvergensi, yang menjadi fokus penelitiannya. Buku ini dapat dibaca oleh para mahasiswa baik yang berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi maupun Program Studi Ilmu Sosial/ Politik/ Humaniora/ Antropologi/ Budaya. Selain itu, bisa dibaca oleh pemerhati media, pengajar, peneliti dan siapa pun yang berminat dengan penelitian media kualitatif.

        Item Type: Book
        Additional Information: Buku program 60 Thn UK Petra lewat LPPM
        Subjects: H Social Sciences
        Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 31 Jul 2020 05:45
        Last Modified: 15 Oct 2021 15:48
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18895

        Actions (login required)

        View Item