Logo

PENERAPAN DISIPLIN POSITIF OLEH GURU DENGAN INTEGRASI IMAN KRISTEN PADA KELAS I-A DI SEKOLAH DASAR X SURABAYA

KRISDIANTI, BETHARIA and Yoedo, Yuli Christiana (2021) PENERAPAN DISIPLIN POSITIF OLEH GURU DENGAN INTEGRASI IMAN KRISTEN PADA KELAS I-A DI SEKOLAH DASAR X SURABAYA. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (269Kb)
    [img] PDF
    Download (5Mb)

      Abstract

      Murid akan menjadi penerus bangsa, maka murid perlu memiliki karakter yang baik dan benar. Karakter baik ini akan tumbuh bila guru menerapkan pembelajaran yang baik dan benar. Namun banyak guru yang masih belum menerapkan proses pembelajaran dan penerapan disiplin yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara menerapkan disiplin kepada murid kelas I-A SD dengan menggunakan prinsip disiplin positif dan integrasi Iman Kristen pada siswa kelas I-A SD di Sekolah Dasar Kristen ‘X’ Surabaya. Melihat kasus kekerasan oleh guru dengan alasan disiplin, diharapkan penelitian ini memberi gambaran baru akan pola disiplin yang tidak menggunakan kekerasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Guru Bahasa Inggris di kelas I-A menjadi subjek penelitian. Peneliti melakukan observasi terhitung dari bulan Agustus hingga bulan November, dan melakukan wawancara kepada subjek penelitian. Peneliti juga mengkonfirmasi data bersama wali kelas sebagai informan. Data tersebut diolah dengan menggunakan teori disiplin positif dan disiplin positif dari sudut pandang Iman Kristen dan analisis dari peneliti. Peneliti menguji apakah penerapan dapat diterima oleh murid dengan baik atau tidak, peneliti membagikan kuisioner untuk melihat respon dari murid kelas I-A. Peneliti memberi pertanyaan mengenai “apakah murid sudah mentaati peraturan yang berlaku?” sebanyak 90% menjawab sudah mentaati. 10% belum, peneliti melihat hasil observasi dan wawancara dengan subjek penelitian, melihat ada faktor dari diri murid yang membuat murid belum bisa mentaati peraturan. Perolehan data murid yang mampu mentaati perturan menunjukkan lebih dari 50%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan yang dilakukan guru Bahasa Inggris di kelas I-A ini mampu menolong murid memiliki sikap disiplin.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: Disiplin Positif, Integrasi Iman Kristen, Siswa kelas 1 Sekolah Dasar
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 01 Jun 2021 05:28
      Last Modified: 08 Jun 2021 19:10
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19088

      Actions (login required)

      View Item