Tjahyana, Lady Joanne (2015) STRATEGI PENUNJANG ADOPSI TEKNOLOGI M-COMMERCE B2C DI INDONESIA (LAZADA, ZALORA DAN BHINNEKA). Jurnal Scriptura, 5 (1). pp. 15-22. ISSN 1978-385X
PDF Download (351Kb) |
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengadopsi mobile commerce (m-commerce) signifikan di Asia Tenggara seiring dengan tingkat pertumbuhan penyedia layanan m-commerce teutama pada sektor Business to Consumer (B2C) di Indonesia. Layanan m-commerce di Indonesia tersedia dalam bentuk aplikasi mobile maupun mobile friendly version dari website e-commerce yang telah ada. Melihat tingkat pertumbuhan adopsi m-commerce B2C tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh penyedia layanan m-commerce B2C di Indonesia untuk menunjuang faktor adopsi teknologi m-commerce tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode analisis isi kulatitatif deskriptif menggunakan faktor adopsi m-commerce yaitu trust, cost, social influences, variety of services, perceived usefulness, perceived ease of use, dan trialability. Objek penelitian adalah 3 toko online B2C terpopuler di Indonesia dengan ranking Alexa di bawah 100 yaitu Lazada, Zalora, dan Bhinneka. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketiga toko online tersebut memiliki dan menerapkan strategi–strategi untuk menunjang faktor adopsi m-commerce pada aplikasi mobile maupun mobile friendly version dari website e-commerce.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | m-commerce, B2C, Aplikasi mobile, adopsi. |
Subjects: | H Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 19 Nov 2015 10:10 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 16:21 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19243 |
Actions (login required)
View Item |