Logo

STRATEGI PENUNJANG ADOPSI TEKNOLOGI M-COMMERCE B2C DI INDONESIA (LAZADA, ZALORA DAN BHINNEKA)

Tjahyana, Lady Joanne (2015) STRATEGI PENUNJANG ADOPSI TEKNOLOGI M-COMMERCE B2C DI INDONESIA (LAZADA, ZALORA DAN BHINNEKA). Jurnal Scriptura, 5 (1). pp. 15-22. ISSN 1978-385X

[img] PDF
Download (351Kb)

    Abstract

    Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengadopsi mobile commerce (m-commerce) signifikan di Asia Tenggara seiring dengan tingkat pertumbuhan penyedia layanan m-commerce teutama pada sektor Business to Consumer (B2C) di Indonesia. Layanan m-commerce di Indonesia tersedia dalam bentuk aplikasi mobile maupun mobile friendly version dari website e-commerce yang telah ada. Melihat tingkat pertumbuhan adopsi m-commerce B2C tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh penyedia layanan m-commerce B2C di Indonesia untuk menunjuang faktor adopsi teknologi m-commerce tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode analisis isi kulatitatif deskriptif menggunakan faktor adopsi m-commerce yaitu trust, cost, social influences, variety of services, perceived usefulness, perceived ease of use, dan trialability. Objek penelitian adalah 3 toko online B2C terpopuler di Indonesia dengan ranking Alexa di bawah 100 yaitu Lazada, Zalora, dan Bhinneka. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketiga toko online tersebut memiliki dan menerapkan strategi–strategi untuk menunjang faktor adopsi m-commerce pada aplikasi mobile maupun mobile friendly version dari website e-commerce.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: m-commerce, B2C, Aplikasi mobile, adopsi.
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 19 Nov 2015 10:10
    Last Modified: 23 Jul 2018 16:21
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19243

    Actions (login required)

    View Item