Logo

Pendekatan Pragmatis Olah Bentuk Mebel Multifungsi Bagi Anak Usia Dini

Wibowo, Mariana and WANGSAWIDJAJA, GABRIELLE S. (2015) Pendekatan Pragmatis Olah Bentuk Mebel Multifungsi Bagi Anak Usia Dini. Jurnal humaniora, 12 (2). 133#65533144. ISSN 1693-8925

[img] PDF
Download (959Kb)
    [img] PDF
    Download (147Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (cek plagiasi - Mariana W)
      Download (6Mb) | Preview

        Abstract

        Perubahan life style diakibatkan perkembangan teknologi dan pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi, mengakibatkan penghuni memilih tinggal di apartemen. Namun, perlu disadari, anak dalam rentang umur nol hingga tujuh tahun membutuhkan stimulasi agar pertumbuhan kemampuan sensorik dan motorik menjadi maksimal. Minimnya ketersediaan ruang di dalam apartemen untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat diselesaikan melalui mebel multifungsi. Menggunakan apartemen The Voila sebagai objek desain, dilakukan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, serta studi literatur yang akan digunakan sebagai basis analisa. Melalui analisa programming dan pendekatan pragmatis, diangkatlah konsep Fun in Function. Konsep ini menggabungkan sebuah proses pembelajaran melalui permainan yang dibutuhkan dalam perkembangan psikomotor, kognitif serta fisik anak dengan fungsi mebel yang secara utuh mendukung aktivitas anak-anak melalui mebel yang aman, mudah, kuat, multifungsi sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Ide desain yang dipilih memiliki bentuk modul awal berbentuk kotak berukuran 1000 � 1000 � 620 mm, di mana kemudian dipecah menjadi lima modul, yang dapat menghasilkan lima belas fungsi mebel yang memiliki fitur permainan sebagai stimuli perkembangan sensorik dan motorik.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: Pragmatis, Mebel, Multifungsi, Anak Usia Dini
        Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
        Divisions: Faculty of Art and Design > Interior Design Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 04 Aug 2017 19:41
        Last Modified: 22 Feb 2024 15:31
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19502

        Actions (login required)

        View Item