Sutrisno, and PURNOMO, PRADITYO PUTRA (2022) Studi Pengaruh Waktu Injeksi, Tekanan Bahan Bakar, dan Tekanan Turbo Terhadap Unjuk Kerja Mesin Diesel 2GD-FTV. [UNSPECIFIED]
PDF Download (1324Kb) | |
PDF Download (1158Kb) |
Abstract
Motor Diesel dipengaruhi oleh beberapa aspek operasional. Diantaranya: waktu pengi�njeksian bahan bakar (timing injection), tekanan bahan bakar (fuel pressure), dan tekanan udara yang masuk (boost pressure). Modifikasi akan dilakukan untuk mengubah parameter menggunakan piggyback. Terdapat tiga hal yang akan diteliti, yaitu mengamati perubahan pada daya dan torsi jika mengubah parameter fuel pressure, parameter injection timing, dan parameter tekanan turbo. Pengujian dilakukan meng�gunakan alat bernama On-Wheel Dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan pada kendaraan bermotor. Unjuk Kerja Mesin Diesel dapat meningkat Daya sebanyak 8% dan torsi sebanyak 11% dengan perubahan parameter pressure fuel +20, injection timing +5�, dan parameter turbo pressure 1.2 bar.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Additional Information: | sa |
Uncontrolled Keywords: | Diesel Engine, Injection Timing, Pressure Fuel, Boost Pressure, Piggyback, ECU |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 30 May 2022 16:45 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 01:42 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20084 |
Actions (login required)
View Item |