Logo

Studi Pengaruh Waktu Injeksi, Tekanan Bahan Bakar, dan Tekanan Turbo Terhadap Unjuk Kerja Mesin Diesel 2GD-FTV

Sutrisno, and PURNOMO, PRADITYO PUTRA (2022) Studi Pengaruh Waktu Injeksi, Tekanan Bahan Bakar, dan Tekanan Turbo Terhadap Unjuk Kerja Mesin Diesel 2GD-FTV. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (1324Kb)
    [img] PDF
    Download (1158Kb)

      Abstract

      Motor Diesel dipengaruhi oleh beberapa aspek operasional. Diantaranya: waktu pengi�njeksian bahan bakar (timing injection), tekanan bahan bakar (fuel pressure), dan tekanan udara yang masuk (boost pressure). Modifikasi akan dilakukan untuk mengubah parameter menggunakan piggyback. Terdapat tiga hal yang akan diteliti, yaitu mengamati perubahan pada daya dan torsi jika mengubah parameter fuel pressure, parameter injection timing, dan parameter tekanan turbo. Pengujian dilakukan meng�gunakan alat bernama On-Wheel Dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan pada kendaraan bermotor. Unjuk Kerja Mesin Diesel dapat meningkat Daya sebanyak 8% dan torsi sebanyak 11% dengan perubahan parameter pressure fuel +20, injection timing +5�, dan parameter turbo pressure 1.2 bar.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Additional Information: sa
      Uncontrolled Keywords: Diesel Engine, Injection Timing, Pressure Fuel, Boost Pressure, Piggyback, ECU
      Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 30 May 2022 16:45
      Last Modified: 09 Feb 2023 01:42
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20084

      Actions (login required)

      View Item