Natadjaja, Listia and Setyawan, Paulus Benny (2021) REFLEKSI KULTURAL DALAM IKLAN INDOMIE SPESIAL RAMADHAN 2020. [UNSPECIFIED]
PDF Download (838Kb) | |
PDF Download (5Mb) |
Abstract
Iklan adalah suatu media promosi yang masih dirasa penting saat ini. Terdapat seri iklan yang menarik perhatian peneliti karena viral di masyarakat yaitu iklan Indomie goreng Ramadhan versi Sebelum Berbuka dan Selamat Berbuka. Iklan yang ditayangkan tanpa menampilkan produk ini sangat kontekstual dengan situasi Ramadhan 2020 pada saat pandemic covid-19. Penelitian ini mencoba mengungkap makna yang disampaikan melalui iklan tersebut dengan melihat lebih detail elemen-elemen ikon, indeks dan simbol. Metode penelitian menggunakan analisis Semiotika Charles Sanders Pierce, dengan mengidentifikasi, menganalisis dan mengklasisfikasikan ikon, indeks dan simbol dengan tujuan mengungkapkan makna yang ingin disampaikan oleh iklan tersebut. Kontruksi makna yang diciptakan iklan Indomie di bulan Ramadhan berbeda dari kebanyakan iklan mie instan pada umumnya. Meskipun tujuan akhir dari iklan tetap saja untuk menjual produk, tetapi dari analisis di atas ditemukan adanya pesan-pesan lain yang sangat kontekstual yaitu: ajakan untuk menjalankan puasa dengan niat baik dan selama covid-19 ini penonton diajak untuk di rumah saja. Iklan ini seolah mengerti kebutuhan target audience khususnya anak muda. Ketidakhadiran produk yang diiklankan, membuat produk tersebut malah hadir di benak konsumen. Hal ini dimaknai sebagai suatu norma kesopanan dan penghormatan bagi kaum Muslim yang menjalankan puasa Ramadhan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Refleksi Kultural, Iklan, Indomie, Ramadhan |
Subjects: | H Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 05:03 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 15:30 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20105 |
Actions (login required)
View Item |