Logo

Strategi Perancangan Media Interaktif Kampanye Sosial dalam Menghadapi Quarter-Life Crisis

Yuwono, Elisabeth Christine and Yusuf, Vanessa (2021) Strategi Perancangan Media Interaktif Kampanye Sosial dalam Menghadapi Quarter-Life Crisis. In: Konferensi Nasional DXC 2021, 24-04-2021 - 24-04-2021, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (1174Kb)
    [img] PDF
    Download (4Mb)

      Abstract

      Semua orang pasti akan mengalami krisis di dalam hidupnya dan bisa terjadi kapanpun. Dalam dunia psikologi, ada istilah yang dikenal dengan quarter-life crisis yang menandakan adanya krisis yang sering dialami oleh individu pada rentan usia 20-30 tahun dimana individu akan merasa bingung dan cemas dengan kehidupannya. Individu biasa akan merasakan kecemasan tentang masa depannya, bisa dalam masalah pendidikan, pekerjaan, kehidupan sosialnya, dan juga dalam berpenampilan. Tidak sedikit adanya kejadian dimana remaja bunuh diri ataupun mengalami depresi dikarenakan kecemasan yang tidak bisa hilang dan terus mengganggunya. Perancangan ini berdasarkan pada data yang diperoleh dengan metode deskriptif kualitatif dan dapat disimpulkan bahwa masyarakat masih tidak sadar tentang adanya krisis ini sehingga menyepelekan atau bahkan terbawa oleh kecemasan yang terjadi karena krisis ini sehingga berdampak buruk bagi kehidupannya. Dengan itu diputuskan untuk membuat sebuah kampanye sosial sebagai sarana komunikasi secara visual bagi masyarakat, perancangan ini diharapkan dapat memberikan wawasan serta menyebarkan kesadaran mengenai quarter-life crisis.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: kampanye sosial, media interaktif, quarter-life crisis, remaja
      Subjects: H Social Sciences
      Divisions: Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 30 Aug 2021 03:31
      Last Modified: 23 Sep 2022 21:47
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20249

      Actions (login required)

      View Item