Logo

Analisis isi: Propaganda dan asimilasi dalam Film Ajari Aku Islam (2019)

Olivia, and LIMANTARA, JESSICA ELIANA (2023) Analisis isi: Propaganda dan asimilasi dalam Film Ajari Aku Islam (2019). [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (693Kb)
    [img] PDF
    Download (377Kb)

      Abstract

      Dalam film Ajari Aku Islam (2019), konflik antara sepasang kekasih muncul disebabkan oleh perbedaan agama, etnis, dan budaya. Aliang yang beretnis Tionghoa dan beragama Konghucu jatuh cinta pada pandangan pertama pada seorang gadis muslim pribumi, Fidya. Film ini terinspirasi dari kisah nyata produsernya, Jaymes Riyanto, beliau membuat film ini dengan motivasi untuk mengangkat citra Islam sebagai agama perdamaian serta mengangkat isu toleransi antar sesama dan mendorong kehidupan yang damai berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika. Penulis menggunakan metode deskriptif analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisa penulis pada film �Ajari Aku Islam�(2019), ditemukan bahwa terdapat propaganda asimilasi yang gamblang dalam film tersebut dari sisi penokohan dan alur. Penokohan keluarga Tionghoa digambarkan sangat tradisional, kuno, dan kejam sangat berlainan dengan keluarga melayu yang digambarkan soleh dan soleha, sopan, dan lebih terbuka pada orang lain yang berbeda dari mereka. Dari alur, film lebih memfokuskan pada ajaran Islam dan bagaimana karakter utama menjadi lebih baik hanya karena mempelajarinya. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa toleransi dan Bhinneka Tunggal Ika yang dimaksud produser adalah jika suku minoritas berasimilasi dengan mayoritas.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Additional Information: https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/3568
      Uncontrolled Keywords: asimilasi, propaganda, film, Tionghoa, Melayu
      Subjects: H Social Sciences
      Divisions: Faculty of Letter > Chinese Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 13 Sep 2023 21:44
      Last Modified: 19 Sep 2023 16:20
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20571

      Actions (login required)

      View Item