Logo

Pemanfaatan teknologi digital marketing untuk menunjang operasional mini-hidroponik berbasis energi terbarukan dan internet of things

Tanoto, Yusak and Khoswanto, Handry and Willyanto, and ANGGUNG, KATLYN MACLAIN and SETIAWAN, VINCENTIA EVANGELINE (2023) Pemanfaatan teknologi digital marketing untuk menunjang operasional mini-hidroponik berbasis energi terbarukan dan internet of things. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (570Kb)
    [img] PDF
    Download (3193Kb)

      Abstract

      Pengembangan income generation merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan di Sekolah SMA Advent Surabaya dalam rangka pemberdayaan siswa, yang dapat diupayakan melalui pemanfaatan fasilitas dan sarana pembelajaran luar ruangan. Salah satu cara yang dapat dilakukan ditengah tantangan keterbatasan lahan di sekolah ini adalah menerapkan kombinasi metode pengembangan komunitas dan service learning, dimana salah satu aktivitanya adalah pelatihan pemanfaatan platform dan teknologi digital marketing yang diikuti oleh siswa pengurus OSIS untuk menunjang operasional mini-hidroponik berbasis energi terbarukan dan internet of things. Dalam kegiatan ini, wawasan siswa tentang konsep, metode dan contoh kegunaan teknologi digital marketing diuji dan dievaluasi. Salah satu indikasi keberhasilan pelatihan digital marketing yang terkait dengan pemahaman siswa tentang konsep dan kegunaan teknologi digital marketing sebagai sarana edukasi dan promosi hasil budidaya tanaman hidroponik adalah nilai post-test yang lebih baik daripada pre-test, di samping dihasilkannya desain konten poster Instagram yang menarik yang dibuat oleh kelompok siswa. Kegiatan pelatihan digital marketing telah berlangsung dengan baik dan memberikan manfaat bagi peserta menuju pengembangan komunitas sekolah yang mengelola sistem mini-hidroponik. Dalam konteks pemberdayaan siswa dan pengembangan sekolah, tim abdimas mengupayakan keberlanjutan capaian kegiatan melalui kerjasama dengan sekolah untuk mengadakan kegiatan pendampingan lanjutan dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan instalasi mini-hidroponik.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: digital; pemasaran; IoT; mini; hidroponik; pemberdayaan
      Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 16 Jan 2024 20:40
      Last Modified: 25 Jan 2024 21:17
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20759

      Actions (login required)

      View Item