Logo

Metaverse dan NFT sebagai Budaya Digital: Persepsi, Interaksi, dan Adopsi Metaverse dan NFT di antara Generasi Milenial

Aritonang, Agusly Irawan (2024) Metaverse dan NFT sebagai Budaya Digital: Persepsi, Interaksi, dan Adopsi Metaverse dan NFT di antara Generasi Milenial. Kontekstual, 3 (2). pp. 61-71. ISSN 2962-4169

[img] PDF
Download (368Kb)
    [img] PDF
    Download (1819Kb)

      Abstract

      NFT dan Metaverse muncul sebagai fenomena yang menarik. Sebagai praktiknya, banyak orang yang mulai memainkan NFT. Sebagai perbincangan, wacana tentang keberlanjutan mainan digital ini juga dibahas. Apakah ini hanya fenomena sementara atau jangka panjang? Artikel ini mencoba memotret bagaimana persepsi generasi milenial terhadap produk digital seperti Metaverse dan NFT. Persepsi yang muncul merupakan hasil dari interaksi mereka dengan produk digital tersebut. Topik ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara kepada informan yang telah berinteraksi pada tahap awal dan tahap lanjut. Hasilnya adalah informan dengan interaksi tingkat awal memiliki persepsi bahwa produk digital seperti Metaverse tidak mendesak untuk saat ini. Informan dengan interaksi tingkat lanjut merasa bahwa ada gambaran besar sebagai peluang yang dijanjikan dari kemunculan teknologi seperti Metaverse dan NFT. Topik seputar desentralisasi, kreativitas, dan faktor keuangan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan barang-barang digital ini.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Budaya Digital;NFT & Metaverse; Persepsi; Interaksi; Adopsi
      Subjects: H Social Sciences
      Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 15 Feb 2025 18:59
      Last Modified: 18 Feb 2025 15:37
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21420

      Actions (login required)

      View Item