Logo

PENGUATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMA DI SURABA Y A MELALUI PELATIHAN KOMUNIKASI ASERTIF

Tanoto, Sherly Rosalina (2025) PENGUATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMA DI SURABA Y A MELALUI PELATIHAN KOMUNIKASI ASERTIF. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 4 (1). pp. 35-42. ISSN 2964-139X

[img] PDF
Download (327Kb)
    [img] PDF
    Download (1923Kb)

      Abstract

      Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMA di Surabaya yang menghadapi tantangan dalam membangun komunikasi interpersonal akibat tingginya penetrasi teknologi digital. Melalui pendekatan berbasis aktivitas, pelatihan ini dirancang untuk mengajarkan keterampilan komunikasi asertif, seperti “I Statements” dan “Hamburger Feedback”, guna membantu siswa mengelola konflik, menyampaikan perasaan secara konstruktif, dan membangun hubungan interpersonal yang sehat. Metode pelaksanaan melibatkan aktivitas interaktif, seperti simulasi, diskusi kelompok, dan latihan komunikasi verbal, dengan fokus pada penerapan teknik komunikasi yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri siswa saat berkomunikasi di depan umum, kemampuan memberikan umpan balik yang sopan dan efektif, serta pemahaman mereka tentang pentingnya mendengarkan aktif dalam percakapan. Program ini diharapkan dapat menjadi solusi yang relevan dan berkelanjutan dalam membantu siswa mengatasi tantangan komunikasi di era digital serta mempersiapkan mereka untuk berpartisipasi secara aktif dalam lingkungan akademik dan sosial.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Keterampilan Interpersonal; Komunikasi Asertif; Siswa SMA
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      H Social Sciences
      Divisions: Faculty of Economic > Business Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 31 Jan 2025 17:02
      Last Modified: 11 Mar 2025 02:20
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21524

      Actions (login required)

      View Item