Wibowo, Dewi Anggraeni (2008) Analisis pemaknaan iklan Lippo Bank dalam media cetak. Bachelor thesis, Petra Christian University.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam iklan LippoBank ORI yang termuat dalam media massa cetak. Penelitian ini merupakan studi semiotik dengan menggunakan teori Barthes, dimana peneliti memaknai gambar dan pesan yang terdapat dalam iklan LippoBank versi telur emas tersebut melalui petanda, penanda, tanda dan mitos, dimana dalam kasus ini mitos yang bersangkutan adalah mitos dalam budaya bangsa Cina. Hasil studi menunjukkan bahwa makna denotatif yang diperoleh adalah produk ORI yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesi dimana dalam iklan tersebut hak jual ORI dipegang oleh LippoBank. Makna konotatif yang dapat dimunculkan dari iklan ini adalah bahwa dengan berinvestasi melalui ORI maka investor akan dapat memperoleh keuntungan, keamanan dan menjadi pribadi yang menguasai keuntunga. Sementara mitologi dari iklan ini dapat dilihat melalui suasana dari tampilan iklan yang penuh dengan warna-warna seperti merah, biru, kuning keemasan, dll serta simbol-simbol seperti angka delapan, dll yang merepresentasikan makna keberuntungan dan kekayaan dalam budaya cina.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | symbol, meaning, sign, myth |
Subjects: | UNSPECIFIED |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 23 Mar 2011 18:48 |
Last Modified: | 28 Mar 2011 16:48 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/13105 |
Actions (login required)
View Item |