Laurens, Joyce Marcella and Tanuwidjaja, Gunawan (2012) MELALUI PENDEKATAN DESAIN INKLUSI MENUJU ARSITEKTUR YANG HUMANIS. In: Seminar Nasional MENUJU ARSITEKTUR YANG BEREMPATI, 04-05-2012 - 05-05-2012, SURABAYA - INDONESIA.
Microsoft Word Download (99Kb) | |
Image (JPEG) Download (77Kb) |
Abstract
Keberlanjutan yang merupakan isu penting dewasa ini, merupakan tantangan bagi para perancang untuk menciptakan rancangan yang peduli pada unsur kemanusiaan. Pendidikan arsitektur berperan dalam mengubah sikap para perancang agar peduli pada pengguna dalam populasi yang beragam, bukan hanya mempertimbangkan bentuk artefak material atau estetika semata. Makalah ini memaparkan suatu metode pendidikan arsitektur dengan pendekatan desain inklusi, yang bertujuan agar setiap orang dapat mengenali dan menggunakan desainnya dengan aman, mudah, secara mandiri dan alami tanpa perlu adaptasi atau solusi khusus. Berdasarkan pengalaman didaktif dan reflektif yang dilaluinya dalam program ini, mahasiswa dapat mengasah kecerdasan intelektual, mental, sosial dan punya kepedulian pada penggunanya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arsitektur, Kemanusiaan, Didaktif-Reflektif, Desain-inklusi |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 05 Nov 2012 21:41 |
Last Modified: | 05 Nov 2012 21:41 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15803 |
Actions (login required)
View Item |