Ardianti, Retno and Inggrid, Inggrid Entrepreneurial Motivation dan Entrepreneurial Leadership Wirausahawan Sektor Formal dan Informal di Jawa Timur. Program Manajemen Bisnis, Jawa Timur.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran model entrepreneurial motivation (EM) dan entrepreneurial leadership (EL) dan mengetahui perbedaan kedua konstruk ini pada wirausahawan sektor formal dan informal. Konstruk entrepreneurial motivation dibentuk oleh delapan konstruk latent, yakni kebutuhan untuk berprestasi (need for achievement), keinginan untuk mendapatkan/menambah kekayaan (desire for wealth), locus of control, kemandirian/otonomi (independence/autonomy), antusiasme (passion), efikasi diri (self-efficacy), peluang (opportunity), dan ketersediaan sumber daya (resource availability). Sedangkan konstruk entrepreneurial leadership direpresentasikan dengan tujuh konstruk latent, yaitu kemampuan untuk memotivasi (able to motivate), visoner (visionary), proaktif (pro-activeness), inovatif (innovativeness), keberanian dalam mengambil resiko (risk taking), berorientasi pada prestasi (achievement oriented), dan persistensi (persistence). Sampel penelitian adalah para pemimpin/pemilik usaha mikro dan kecil (UMK) baik yang termasuk pada sektor formal maupun informal di Jawa Timur. Teknik analisa data menggunakan analisa faktor konfirmatori (CFA) berbasiskan structural equation modeling. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa model entrepreneurial motivation dan entrepreneurial leadership yang dihipotesakan tergolong model yang fit. Lebih lanjut, temuan Penelitian mengindikasikan bahwa opportunity merupakan konstruk pembeda entrepreneurial motivation diantara pengusaha sektor formal dan informal, sedangkan proactiveness merupakan konstruk yang membedakan karakteristik kepemimpinan entrepreneur pada ekonomi formal dan informal.
Actions (login required)