Kurniawan, Budi (2021) Rap Sebagai Sarana Pembelajaran Sastra Tiongkok. [UNSPECIFIED]
PDF Download (724Kb) | |
PDF Download (2197Kb) |
Abstract
Mata kuliah Sastra Tiongkok adalah salah satu elemen penting dari pembelajaran budaya. Namun bagi pemelajar bahasa Mandarin, mata kuliah ini menjadi sebuah tantangan tersendiri, sebab tuntutan pembelajaran yang cenderung tinggi dibandingkan kemampuan bahasa Mandarin mereka. Rap bahasa Mandarin diusulkan sebagai alternatif sarana pembelajaran, sebab sifat musik rap yang global serta dekat dengan dinamika generasi muda. Melalui analisis elemen rap/puisi dari Pate (2010): (1) saturasi, (2) bahasa, (3) citra, (4) tekstur, (5) makna, (6) struktur, bentuk dan ritme, (7) aliran (flow), tulisan ini menunjukkan bahwa rap berpotensi untuk menarik minat generasi muda terhadap sastra Tiongkok, serta memicu untuk berlatih menulis puisi sendiri.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Faculty of Letter > Chinese Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 30 Oct 2021 02:18 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 21:25 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19324 |
Actions (login required)
View Item |